Unik, Informatif , Inspiratif

Lelah Terus, Jangan-jangan karena 5 Gangguan Ini

0

Rasa lelah, hampir bisa dipastikan ada di setiap orang. Namun bagaimana jadinya jika rasa lelah tersebut ada terus?

Jika merasakannya terus-menerus, hal itu bisa jadi merupakan indikasi penyakit tertentu. Agar selalu waspada, ketahuilah lima gangguan kesehatan yang memiliki gejala berupa badan lemas.

1. Anemia

Anemia, atau bahasa awamnya kurang darah, adalah kondisi kekurangan hemoglobin dalam tubuh. Saat anemia terjadi, transportasi oksigen ke jaringan tubuh menjadi tidak efektif. Jaringan tubuh akhirnya tidak dapat berjalan dengan baik sehingga timbul berbagai macam gejala. Salah satunya adalah badan lemas.

2. Diabetes

Bagi Anda yang memiliki risiko tinggi diabetes, saat badan lemas terus-menerus, cobalah untuk cek kadar gula darah.

Hal ini dikarenakan selain anemia, badan lemas juga dapat dipicu oleh diabetes. Pada penderita diabetes, badan lemas disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi atau rendah, dan bisa juga akibat radang pada pembuluh darah.

3. Depresi

Orang yang mengalami depresi biasanya akan susah tidur. Waktu tidur yang harusnya terpenuhi tujuh jam tidak bisa dilakukan. Hal inilah yang biasanya membuat lemas, bahkan sulit untuk bangun dari tempat tidur.

4. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan pada saluran pernapasan yang terjadi saat tidur. Di samping mendengkur keras, penderitanya juga dapat mengalami henti napas dan sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Efek sampingnya? Penderita akan merasa lemas dan mengantuk pada keesokan harinya.

5. Hipotiroid

Hipotiroid adalah kondisi kekurangan hormon tiroid pada tubuh. Hormon ini mengatur banyak proses dalam tubuh, seperti pernapasan, detak jantung, berat badan, suhu tubuh, dan metabolisme kolesterol. Gejala yang sering terjadi pada penderita adalah badan lemas dan cepat lelah.

Demikian lima penyakit yang harus diwaspadai, jika Anda merasa badan lemas terus-menerus. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari info sebanyak-banyaknya mengenai kondisi Anda. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi kepada dokter.

Nantinya dokter dapat membantu mendiagnosis penyebab di baliknya serta merekomendasikan penanganan yang tepat untuk Anda. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.