Unik, Informatif , Inspiratif

Liechtenstein, Negara Mungil di Benua Eropa

0 30

Ketika mendengar kata “Eropa” mungkin Anda akan berpikir tentang negara-negara seperti Inggris, Perancis atau Spanyol. Tapi bagaimana dengan Liechtenstein? Apakah nama negara ini asing di telinga Anda?

Liechtenstein adalah sebuah negara kepangeranan di eropa dengan luas kurang lebih 160 kilometer persegi yang terkurung daratan. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss.

Dan, tahukah Anda bahwa negara yang tidak memiliki bandara ini adalah pengekspor gigi palsu terbanyak di dunia? Anda ingin tahu fakta lain tentang Liechtenstein? Berikut ulasannnya:

BACA JUGA: Benarkah Orang Tua di Eropa Hidup Lebih Lama?

1. Nama Liechtenstein berasal dari orang yang membeli wilayah ini. Pangeran Austria, Johann Adam Von Liechtenstein, dia membeli wilayah Schellenberg (1699) dan Vadus (1712) dari bangsawan Jerman yang miskin. Wilayah ini berada di bawah kekaisaran Roma Suci dalam waktu yang lama dan akhirnya merdeka pada tahun 1866. Pada tahun 1923, Liechtenstein membentuk union dengan Swiss.

2. Keturunan Liechtenstein adalah dari suku Alemanni yang mendiami daerah tersebut setelah tahun 500.

3. Liechtenstein sangat kecil bahkan tentara Swiss pada tahun 2007 secara tidak sengaja menginvasi Liechtenstein setelah tersesat dalam hujan badai. Liechtenstein adalah negara terkecil keempat di Eropa setelah Vatikan, Monako, dan San Marino.

4. Liechtenstein adalah negara berbahasa Jerman terkecil di dunia dan satu-satunya negara berbahasa Jerman yang tidak berbatasan langsung dengan Jerman.

5. Liechtenstein tidak mempunyai tentara. Dalam keterlibatan militernya yang terakhir pada tahun 1866, tidak ada dari 80 tentaranya yang terbunuh dan malah pulang dengan jumlah 81 tentara karena mendapat tambahan satu “teman” baru dari Italia. Setelah itu tentara di negara ini segera dibubarkan.

6. Liechtenstein tidak mempunyai penjara. Tingkat kriminalitas di sana merupakan salahsatu yang terendah di dunia. Peristiwa pembunuhan terakhir dilaporkan terjadi pada tahun 1997.

Jika seseorang didakwa hukuman penjara 2 tahun, maka terhukum akan dipenjara di penjara Austria. Bahkan orang-orang di sana tidak pernah mengunci pintu depan rumahnya.

BACA JUGA: Cordova: Mutiara Dunia dari Islam Eropa

7. Setahun sekali seluruh penduduk diundang pesta di kastil. Setiap hari libur nasional Liechtenstein, Pangeran Agung Hans-Adam II (Serene Highness Prince Hans-Adam II), sebagai kepala negaranya, dan sang anak, Pangeran Alois (Serene Highness Hereditary Prince Alois), mengundang penduduk dari kerajaan-kerajaan kecilnya untuk pesta di taman Kastil Vaduz, yaitu tempat tinggal leluhur bangsawan.

8. Meski bahasa resminya adalah bahasa Jerman, namun kebanyakan penduduk memakai bahasa Alemannik yang sangat berbeda dengan standar bahasa Jerman dan lebih mendekati standar bahasa Jerman Swiss. Oleh karena itu warganya lebih memilih menyebut Liachtaschta, dibandingkan Liechtenstein.

9. Ibu kota Liechtenstein, Vaduz, mempunyai jumlah penduduk sekitar 5.425, tetapi kota terbesarnya yang kurang terkenal yaitu kota Schaan, hanya berpenduduk 583 jiwa.

10. Liechtenstein adalah produsen gigi palsu terbesar di dunia, yang pusatnya barada di kota Schaan, di perusahaan yang bernama Ivoclar Vivadent, yang menyumbangkan 20% total penjualan gigi palsu di dunia. Perusahaan tersebut memproduksi 60 juta set gigi palsu setiap tahunnya, dengan lebih dari 10.000 model gigi yang berbeda-beda.

11. Seluruh Liechtenstein bisa disewa seharga $70.000 sehari.

12. Liechtenstein bertambah luas hampir separuh mil persegi pada tahun 2007 ketika pinggiran jauh dari perbatasan gunung Alpen nya tidak diukur secara tepat dan survei baru memperlihatkan perbatasan tersebut menjadi satu mil lebih panjang dari perkiraan sebelumnya. Area tambahan tersebut, sama dengan sekitar 50 lapangan sepak bola, dan berarti Liechtenstein sekarang ukurannya 99,7 mil persegi. []

 

SUMBER: SEMESTAFAKTA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline