, Lima Cara Agar Pintu Rezeki Penuh Berkah
Unik, Informatif , Inspiratif

Lima Cara Agar Pintu Rezeki Penuh Berkah

0

Allah ‘azza wajalla telah hamparkan seluruh pintu rezeki bagi makhluk-Nya di bumi ini. Allah ‘azza wajalla telah jamin rezeki tiap-tiap makhluk-Nya.

Petunjuk dari al-Quran atau pun as-Sunnah yang mampu membimbing manusia akhir zaman ini dalam mencari keberkahan dalam setiap rezeki yang diusahakannya?

Para ulama sudah banyak yang mendiskusikan persoalan ini. Berikut ini ulasan ringkasnya.

1. Perbanyak sedekah dan infak

agar pintu rezeki penuh berkah adalah dengan memperbanyak sedekah dan infak.

Allah ‘azza wajalla berfirman:

“Katakanlah, ‘Sungguh, Rabbku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.’ Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba’: 39)

2. Perkuat iman takwa kepada Allah

Agar pintu rezeki tetap penuh berkah, perkuat iman dan takwa kepada Allah ‘azza wajalla.

Allah ‘azza wajalla berfirman,

“Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raf: 96)

3. Rajin shalat

Banyak orang mengira bahwa ibadah shalat hanya berbuah pahala hanya dapat dipetik ketika di akhirat saja.

Itu adalah anggapan yang keliru.

Shalat, baik shalat wajib atau pun shalat sunnah, juga menjadi sebab pintu rezeki penuh berkah. Allah ‘azza wajalla bukakan selebar-lebarnya pintu rezeki bagi hamba-Nya yang rajin melaksanakan shalat wajib, rajin melaksanakan shalat sunnah.

Bahkan, mengajak dan amar makruf memerintahkan orang lain untuk shalat pun juga menjadi sebab dimudahkannya pintu rezeki bagi seseorang.

Allah ‘azza wajalla berfirman,

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS. Thaha: 132)

4. Perbanyak istighfar

Dosa besar atau pun dosa kecil, sama-sama menjadi penyebab rezeki seret. Seseorang kan terhalan dari rezeki jika melakukan dosa dan kemaksiatan. Alih-alih berbuah berkah, pemberian Allah ‘azza wajalla yang ada pada dirinya bisa jadi justru akan mengantarkannya pada jurang Neraka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Sungguh, seseorang akan terhalang dari rezeki tersebab dosa yang ia lakukan.” (HR. Ibnu Majah No. 4022)

5. Jalin silaturahmi

Menjalin silaturahmi memang tampak seperti hal yang ringan dan biasa saja. Namun, amal ibadah ini menjadi salah satu cara agar pintu rezeki selalu mendatangkan berkah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang ingin Allah lapangkan rezekinya dan Allah panjangkan umurnya, hendaklah dia menjalin silaturahmi.” (HR. Al-Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, tentu masih ada banyak sekali cara untuk menjadikan pintu rezeki penuh berkah. Semuanya dapat ditemukan dengan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam al-Quran dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Wallahu a’lam. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.