, Lima Keutamaan Bersyukur dalam Islam
Unik, Informatif , Inspiratif

Lima Keutamaan Bersyukur dalam Islam

0

Bersyukur menurut agama islam adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnul Qayyim yaitu “Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah”. (Madarijus Salikin : 2/224).

Sebagai umat islam kita wajib menjalankan perintah Allah dan mengikuti teladan kebaikan yang diberikn oleh para Nabi terdahulu.

Allah memberikan nikmat bukan hanya kepada para Nabi, tetapi merata kepada setiap makhluk Nya, tidak ada satupun yang hidup di dunia ini yang tidak mendapat kenikmatan dari Allah.

Berikut Lima keutamaan bersyukur dalam islam:

1. Ciri orang yang tawakkal

Salah satu cara tanda orang yang bertawakkal ialah berserah pada Allah setelah berusaha dan berdoa sebaik yang ia mampu, ia menyadari bahwa segala yang ia dapatkan adalah yang terbaik dari Allah.

2. Mendapat kebaikan dari Allah

Mengucap syukur dalam islam salah satunya dapat dilakukan dengan bertasbih pada Nya dengan membaca “Alhamdulillah” di setiap kesempatan, hal itu akan mendapat kebaikan dari Allah

3. Mengingat dan mengakui nikmat Allah

Sesungguhnya Allah maha mulia senantiasa memberi nikmat berupa rejeki, kesehatan, serta nikmat umur agar manusia senantiasa bersyukur, kita sebagai manusia seluruhnya bergantung kepada Allah.

Cara mensyukuri nikmat allah yakni kita wajib mengakui bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah anugrah dari Allah.

4. Menjalankan perintah Allah

Bersyukur merupakan salah satu perintah Allah seperti firman Nya berikut “Dan syukurilah nikmat Allah jika hanya kepada Nya saja kamu menyembah”. (QS An Nahl : 114).

Anda yang senantiasa bersyukur berarti telah menjadikan rasa syukur tersebut sebagai lahan ibadah sebab telah menjankan salah satu perintah Nya.

5. Jalan menuju surga

“Sesungguhnya jika Allah menguji hamba Nya kemudian dia bersabar maka aku gantikan baginya surga”. (HR Bukhari).

Orang yang mendapat ujian dan dia menerima serta menjalani dengan ikhlas maka Allah menjanjikan bagi nya surga karena rasa sabar dan rasa syukurnya tersebut. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.