Unik, Informatif , Inspiratif

Lima Manfaat Serai untuk Kesehatan

0

Siapa yang tak tahu tanaman serai? Ternyata selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Serai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat serai untuk kesehatan yaitu dapat secara efektif mengontrol kolesterol di dalam tubuh karena serai diketahui tinggi akan antioksidan.

Selain itu, komposisi zat gizi dalam serai pun cukup baik. Serai mengandung vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan folat.

Serai juga merupakan sumber mineral yang cukup baik khususnya mineral seperti zinc, zat besi, tembaga, kalium dan kalsium.

BACA JUGA: Ternyata Semakin Kering Daun Serai Semakin Ampuh Usir Nyamuk

Berikut rangkungman berbagai manfaat serai yang dikutip oleh Republika dari Natural Food Series:

1. Meringankan Insomnia

Teh serai dan minyak serai efektif dalam menenangkan saraf. Keduanya dapat mempermudah tidur sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Tak ada salahnya meminum segelas teh serai yang ditambahkan beberapa tetes minyak esensial serai sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak.

2. Meningkatkan Imunitas

Serai memiliki kemampuan untuk membantu proses penyembuhan pada saluran pernapasan, jantung hingga anemia. Serai juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Serai bekerja menenangkan sitokin dengan cara menurunkan inflamasi.

3. Membantu Diabetisi

Serai dapat memberi manfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Bagi penderita diabetes tipe 2, serai dapat meringankan gejala sekaligus membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena serai memiliki kandungan citral yang sangat efektif dalam menjaga kadar insulin yang tepat di dalam darah.

BACA JUGA: Sering Makan, Tahukah Anda Asal-usul Nasi Uduk?

4. Detoks

Seperti tanaman herbal lain, serai bermanfaat dalam mendorong proses detoksifikasi tubuh. Serai memiliki sifat diuretik yang mengeliminasi toksin di dalam tubuh melalui pembuangan urin. Hal ini dapat membantu menjaga organ hati terbebas dari toksin.

5. Perawatan Kulit

Serai memiliki sifat antiseptik sekaligus astringen yang bermanfaat dalam merawat masalah kulit seperti jerawat. Keduanya juga dapat mencegah terjadinya kekambuhan jerawat di masa mendatang. Bila ingin menggunakan minyak serai untuk mengatasi jerawat, sebaiknya cairkan terlebih dahulu minyak serai tersebut agar konsentrasinya tidak begitu pekat. []

 

SUMBER: REPUBLIKA | NATURAL FOOD SERIES


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline