Foto: traveltoday

Lombok, Pulau Seribu Masjid

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diberikan julukan pulau seribu masjid karena banyaknya jumlah masjid di sana.

Tak sekadar banyak, masjid-masjid di Lombok juga tampil dengan penuh warna, berkubah besar, hingga punya menara yang menjulang tinggi.

Dari udara, pesona masjid-masjid dengan ragam kubah besar sudah bisa disaksikan sesaat sebelum mendarat di Bandara Internasional Lombok yang berada di Lombok Tengah.

Pulau ini sendiri terbagi atas empat kabupaten: Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Lombok Timur. Di antaranya ada Kota Mataram.

Pertanyaan yang sering mengemuka ialah benarkah jumlah masjid di Lombok ada seribu? Dari mana asal mula julukan itu datang?

Tanda tanya ini penting dijawab karena menyangkut citra wisata halal atau moslem friendly tourism yang digencarkan Pemerintah Provinsi NTB. Pulau Seribu Masjid sebagai salah satu indikatornya.

Merasa terpanggil memberikan sumbangsih bagi tanah kelahirannya, Taufan Hidjadz seorang Dosen Jurusan Desain Interior Institut Teknologi Nasional Bandung menjawab pertanyaan di atas melalui sebuah buku.

Judulnya sangat menarik dan di luar kebiasaan, yakni “Lombok, Negeri Beribu Masjid”. Kata seribu masjid yang populer, ia ganti dengan kata beribu dalam judul bukunya.

Bukan tanpa pertimbangan. Pria kelahiran Mataram itu menjelaskan, buku setebal 258 halaman ini berangkat dari sebuah penelitiannya berjudul “Arsitektur Mesjid Sebagai Adaptasi Keberlanjutan Orientasi Ruang dan Representasi Budaya Sasak di Lombok”.

Studinya dibiayai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Nasional Bandung. []

Sumber: republika.co.id


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *