Unik, Informatif , Inspiratif

Luar Biasa, Semua Warga Desa di Turki Ini Berhenti Merokok

0 56

Sebuah fenomena menarik terjadi di satu desa kecil di Turki. Pasalnya, seluruh penduduk berhasil berhenti dari kebiasaan merokok.

Sebanyak 180 warga desa Haydarbeyli di Yozgat, Anatolia tengah, Turki berhenti merokok. Kepala desa, Rifat Eraslan mengatakan, penduduk desa saling membantu agar tetangganya berhenti merokok.

BACA JUGA: LSM di Turki Siap Bagikan 3 Ribu Roti untuk Korban Yaman

“Setiap warga desa saling mendukung,” ujar Eraslan dikutip Daily Sabah, Senin (3/12/2018).

Menurut Eraslan, warga mematuhi saran presiden Recep Tayyib Erdogan untuk berhenti merokok. “Kami mematuhi sarannya,” katanya.

Dari perokok berat

Muhsin Varol, seorang warga desa Haydarbeyli menuturkan, dulu dia perokok berat selama lebih dari 13 tahun. Ia kemudian memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

“Saya berhenti merokok, seperti semua warga di sini. Kami juga mengorganisasi kelompok berjalan pada pagi dan malam hari agar tetap sehat,” ujar Varol.

Yasin Ugurlu, warga desa Hyadarbeyli, menuturkan dirinya berhenti merokok setelah menjalani kebiasaan merokok selama 4 tahun.

BACA JUGA: Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Perokok?

“Semua orang sangat tahu mengenai apa bahaya merokok, namun kebanyakan orang memilih untuk mengabaikannya,” kata Ugurlu.

Ugurlu pun menyebutkan, di Haydarbeyli tidak satu orang pun merokok. Hal tersebut menyebabkan setiap pendatang yang merokok jadi tidak merokok karena merasa malu. “Anda tidak akan dapat menemukan satu puntung rokok di desa kami,” kata Ugurlu. []

SUMBER: TEMPO | DAILY SABAH

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline