Unik, Informatif , Inspiratif

Macam-Macam Sabun Ini Apa Bedanya?

0 29

Karena tinggal di wilayah yang beriklim tropis, orang Indonesia sangat akrab dengan kegiatan mandi. Umumnya, kita mandi sebanyak dua kali dalam sehari, pagi hari sebelum memulai aktivitas, dan sore hari setelah selesai beraktivitas.

Jika kita berbicara tentang kegiatan mandi, tentu hal ini tidak bisa dilepaskan dengan sabun mandi.

BACA JUGA: Ada Sensasi Rasa Sabun di Mulut, Hati-hati Gejala Stroke

Nah, sabun mandi saat ini sudah banyak dimodifikasi lho, ada yang berbentuk sabun batang, ada pula sabun yang berbentuk cair.

Selain itu, kini banyak kita temukan produk pembersih lain seperti shower gel dan shower cream. Lalu sebenarnya apa sih perbedaan berbagai bahan pembersih tubuh ini? Yuk simak pembahasannya!

1. Sabun Batang

Sabun jenis ini adalah jenis sabun yang paling lama dan mungkin bisa jadi paling pertama. Harganya yang murah dan penggunaannya yang mudah membuat sabun ini menjadi pilihan banyak orang.

Sabun jenis ini biasanya mengandung sodium hydroxide yang diperlukan untuk mengubah lemak nabati atau hewani cair menjadi sabun keras. Kandungan ini yang membuat kulit menjadi kering.

2. Sabun Cair

Sabun cair tidak kalah populer dengan sabun batangan. Sabun cair dianggap lebih higienis dan mudah disimpan juga dibawa bepergian. Seperti sabun batang, sabun cair juga bervariasi. Untuk penggunaannya, sabun cair memerlukan alat seperti shower foam, sikat, spons dan sebagainya.

3. Shower Gel

Jenis sabun yang satu ini hampir mirip dengan sabun cair namun biasanya lebih bening dan sedikit lebih kental dari sabun cair. Dengan teksturnya yang berbentuk gel, umumnya sabun mandi ini dapat membuat kulit terasa lembut dan tidak menyebabkan kulit kering.

Selain itu, sabun mandi jenis ini biasanya memiliki wangi yang tahan lama dan multifungsi sehingga sering digunakan sebagai sampo.

BACA JUGA: Ternyata, Lebih Baik Pakai Sabun Bayi!

4. Shower Cream

Shower cream merupakan sabun mandi yang memiliki tekstur berupa cream. Sabun jenis ini sedikit mirip dengan sabun cair pada umumnya, namun bebas deterjen juga diperkaya dengan pelembab. []

REDAKTUR: MILA MUNAWWAROH | SUMBER: ARAH

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline