Unik, Informatif , Inspiratif

Madu, Ternyata Jadi Bahan Bakar Olahragawan

0

Pada umumnya setiap olahrgawan mempunyai resep sendiri untuk kebugaran tubuhnya, dengan berbagai macam vitamin dan minuman yang akan tetap membuat staminanya teerkumpul hingga akhir berolahraga. Namun, tahukah Anda? Ternyata madu bisa menjadi bahan bakar bagi olahragawan. Bagaimana itu bisa terjadi?

Kita ketahui bersama bahwa karbohidrat yang dicerna sebelum, saat, dan setelah berolahraga meningkatkan performa atlet dan mempercepat pemulihan. Madu adalah sumber karbohidrat alami yang setiap sendoknya mengandung 17 gram karbohidrat.

Komposisi karbohidrat yang unik dalam madu adalah sajian yang sempurna sebelum melakukan latihan. Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menyebutkan bahwa karbohidrat berkadar glycemic rendah pada madu mengurangi risiko terjadinya hypoglycemia pada saat berolahraga. Tak hanya itu, ketersediaan glycemic pun terjamin selama berolahraga.

Related Posts
1

Kenali Madu, Warisan Al-Quran Sepanjang Sejarah

Sementara itu, Laboratorium Nutrisi di Universitas Memphis, Tennese, menyatakan bahwa bagi atlet, madu melejitkan performa, ketahanan dan pemulihan.

Uji coba pemberian madu dilakukan kepada 9 pembalap sepeda. Para pembalap yang mengonsumsi madu menyelesaikan lomba dengan waktu tempuh 3 menit lebih cepat, disertai peningkatan tenaga rata-rata sebesar 6 %. Selain itu, dilakukan uji coba pemberian madu terhadap 39 atlet angkat besi, setelah mereka berlatih. Tes terhadap hormon kortisol (hormon yang dilepaskan ketika otot bekerja keras) menurun. Artinya, madu adalah asupan energi yang baik. Dibandingkan dengan sumber gula lainnya, madu tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.[]

Referensi : Berkat Madu: Shat, Cantik, dan Penuh Vitalitas/Karya: Ir. Rostita/penerbit: Qanita


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.