PBB Scotland (Foto: The Independent)

Mahasiswa UGM Akan Ikuti Simulasi Sidang PBB di Skotlandia

Agelo Abil Wijaya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi peserta asal Indonesia yang mengikuti simulasi sidang PBB Model European Union Scotland.

Simulasi akan berlangsung pada 19-24 Oktober 2017 lalu di Kota Glasgow dan Edinburgh di Skotlandia. Ia mengaku bersyukur dapat memperoleh banyak pelajaran, terutama tentang proses pembuatan keputusan penyusunan kebijakan baru di Uni Eropa.

“Bangga bisa mengikuti simulasi sidang Uni Eropa ini,” kata Angelo, Jumat (17/11/2017) lansir Republika.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai negara di Eropa seperti Belanda, Belgia, Italia, Jerman, Perancis dan Portugal. Angelo merupakan satu-satunya mahasiswa Indonesia yang ikut simulasi sidang Uni Eropa tersebut.

Model European Union Scotland sendiri diinisiasi dan diselenggarakan pemuda-pemuda Eropa di Glasgow. Mereka bekerjasama dengan European Union Commission Representative in the United Kingdom.

Konferensi membahas dua persoalan utama tentang Common Fisheries Policy dan Medium Combustion Plant. Angelo mengatakan, kegiatan yang diikutinya memiliki formati yang sangat berbeda dengan konferensi-konferensi umumnya di Asia.

Dalam konferensi ini, Angelo banyak mempelajari perbedaan umum yang terdapat di Eropa. “Dalam konferensi ini, peserta diharapkan untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan setelah negosiasi dengan berbagai aktof politik,” ujar Angelo.

Angelo pun saat ini tengah mengikuti program pertukaran pelajar di University of Glasgow. Selain konfernsi, peserta diberikan kesempatan mengunjungi parlemen Skotlandia, untuk bertemu Menteri Skotlandi Alasdair Alan. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *