Unik, Informatif , Inspiratif

Main Olahraga Voli, Yuk!

0 36

Waktu lomba tujuh belasan di RT, bukan cuma balap karung atau panjat pinang saja yang bisa menyedot massa. Tapi, ada juga salah satu jenis olahraga yang bisa bikin tua-muda, kaya-miskin, tumplek jadi satu: bola voli.

Pun begitu, tak sembarang orang bisa main bola voli. Ini Dikarenakan, dalam permainan ini dibutuhkan teknik-teknik tersendiri.

Teknik-teknik bermain voli

Ada beberapa teknik main voli yang mesti dikuasai oleh pemainnya, yaitu teknik pass dan servis. Kalau untuk teknik pass sendiri, cuma dibutuhkan kemampuan mengoper bola dengan baik. Orang-orang biasa menyebut teknik pass ini dengan passing. Teknik pass yang berarti pengambilan tangan atas, atau bahasa mudahnya sih, cara pemain menghadapi bola yang datang ke arahnya, dibagi menjadi dua, yaitu teknik pass atas dan teknis pass bawah.

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Bisa Kok

Teknik pass atas terbagi jadi tiga yaitu teknik pass dengan sikap normal atau sikap biasa, teknik pass atas dengan berguling ke samping, teknik pass atas dengan meloncat, dan teknik pass atas dengan setengah berguling ke belakang.

Sepertinya, tekniknya agak menguras fisik. Makanya, seorang pemain voli memang dituntut untuk menguasai gerakan atau teknik dasar main voli, seperti jalan, lari, jengket, loncat, berputar, dan berguling.

Nah, buat teknik pass bawahnya juga tidak jauh beda. Ada teknik pass bawah dengan sikap normal atau biasa, pass bawah dengan berguling ke samping, pass bawah dengan terjun ke depan, dan pass bawah dengan setengah berguling ke depan.

Teknik Servis

Nah, selanjutnya adalah tentang teknik servis. Sama seperti teknik pass, teknik servis juga dibagi lagi jadi beberapa, yaitu under arm service (yang dilakuin dari arah bawah). Pada teknik ini, tangan yang akan memukul bola harus lurus dan kencang, siku jangan bengkok sampai bola terpukul lepas. Trus, tinggi bola yang akan dilepaskan oleh tangan kita, dapat disesuaikan sama kebutuhan kita.

BACA JUGA: Olahraga Yuk, Ini 15 Manfaatnnya!

Teknik yang kedua yaitu front service, yaitu servis yang dilakukan dari arah depan. Terus, ada juga teknik hock service atau smash service. Untuk melakukan teknik yang satu ini, diperlukan energi yang lumayan gede. Soalnya untuk melempar bola, kita mesti loncat-loncat setinggi mungkin.

Voli itu sendiri merupakan salah satu olahraga yang simpel sarananya, kita hanya butuh bola voli beserta lahan yang lumayan luas. Tapi kalau ada net-nya malah lebih ok lagi. Selamat bermain dan berlatih ya… []

 

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline