Makan Pedas: Cara Stop Ngemil Manis-Manis dan Asin

Cara menghentikan kebiasaan ngemil manis-manis atau asin adalah dengan makan makanan pedas.

Hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang diterbitkan lewat jurnal Hypertension yang dilakukan di Tiongkok. Penelitian yang melibatkan 600 orang ini melakukan analisis pada otak partisipan dengan scan PET/CT.

BACA JUGA: Orang Indonesia Gemar Ngemil

Peneliti menemukan ada bagian-bagian otak yang distimulasi oleh asupan makanan asin dan pedas yang saling berlawanan. Ternyata, makan makanan pedas secara efektif meningkatkan sensitivitas terhadap rasa asin, yang akan membantu mengurangi nafsu makan terhadap makanan asin.

Penulis penelitian sekaligus profesor dan direktur Department of Hypertension and Endocrinology di Tiongkok, Dr. Zhiming Zhu, mengatakan bahwa makanan pedas mampu mengelabui otak sehingga kita tidak menginginkan makan makanan asin.

BACA JUGA: Makanan Super Pedas Dapat Sebabkan Organ Tubuh “Bolong,” Benarkah?

Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang suka makan makanan pedas ternyata makan 2,5 gr garam makanan asin lebih sedikit dibanding yang tak suka pedas. Tekanan darah mereka juga lebih stabil dan dalam keadaan sehat dibanding yang suka ngemil asin. []

Sumber : vemale


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *