Unik, Informatif , Inspiratif

Makan Snack Berlebihan? 12 Bahaya Ini Mengintai Anda (1)

0 215

Makanan ringan dan makanan cepat saji banyak digemari terutama oleh anak-anak dan remaja. Beberapa makanan ringan dan makanan cepat saji ternyata mengandung banyak zat aditif seperti pengawet, penyedap rasa, pewarna buatan, pemanis buatan, dan minyak trans.

Dari berbagai komponen dalam makanan ringan dan makanan cepat saji tersebut hampir semua tidak memberikan dampak positif pada tubuh, melainkan hanya akan meninggalkan berbagai efek yang negatif pada tubuh Anda.

Berikut beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh konsumsi makanan ringan dan makanan cepat saji yang berlebihan:

BACA JUGA: Bukan Hanya Kacang, Beberapa Ini Juga Timbulkan Jerawat

1. Diabetes Tipe 2

Makanan ringan seperti snack banyak mengandung karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan. Karbohidrat ini akan diubah menjadi gula setelah masuk dalam tubuh. Sehingga, jika karbohidrat masuk ke tubuh dalam jumlah yang banyak, maka level gula dalam darah pun akan meningkat. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan jenis diabetes tipe 2 dan resistensi insulin.

2. Obesitas

Dalam makanan ringan, ditambahkan gula atau pemanis buatan. Pemanis buatan tersebut merupakan zat tambahan dalam makanan ringan yang tidak mengandung kebutuhan nutrisi sama sekali. Sehingga zat ini sebenarnya tidak membawa manfaat kesehatan apapun bagi tubuh Anda. Pemanis tersebut hanya mengandung kalori yang jika berlebihan akan berkontribusi pada berat badan. Dan jika terus menerus mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung gula atau pemanis buatan tersebut, tubuh dapat mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

BACA JUGA: Makan Snack Berlebihan? 12 Bahaya Ini Mengintai Anda (2)

3. Meningkatkan kadar kolesterol jahat

Snack atau makanan ringan tak jarang mengandung minyak trans. Minyak trans tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Dan parahnya lagi, minyak trans juga dapat mengakibatkan turunnya kadar HDL yaitu kolesterol baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, minyak trans juga dapat menjadi penyebab penyakit diabetes tipe 2.

4. Menyebabkan Kembung

Perut kembung dan terasa begah bisa menjadi bahaya langsung setelah mengkonsumsi makanan ringan atau snack. Ini karena snack mengandung banyak sodium yang memiliki sifat menahan air. Sehingga perut akan terasa penuh dan kembung. []

SUMBER: HALOSEHAT

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline