Unik, Informatif , Inspiratif

Makanan Ini Bisa Perbaiki Kualitas Tidur Anda

0

Tidur yang tidak nyenyak akan berpengaruh pada produktivitas kita di hari berikutnya. Karenanya, sangat penting untuk menjaga kualitas tidur.

Ternyata pilihan makanan dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Menurut ulasan dari laman Inverse, menu harian yang sesuai akan memengaruhi jumlah hormon melatonin yang berperan sebagai pengendali pola tidur.

BACA JUGA: Tiba-tiba Bangun Tidur Malam Hari, Apa yang Harus Dilakukan?

Tidak hanya itu, nutrisi yang baik dan sesuai akan memengaruhi seberapa efisien otak menggunakan hormon melatonin tersebut.

Salah satu nutrisi yang berpengaruh pada kadar melatonin adalah jenis protein bernama triptofan. Asam amino esensial ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, tetapi hanya bersumber dari makanan. Nutrisi lain yang tak kalah penting adalah vitamin B dan magnesium.

Atas penjelasan ini, dapat kita pahami mengapa makanan dikatakan dapat memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda ingin memperbaiki kualitas tidur, maka mulailah dengan memperhatikan makanan Anda.

Makanan yang baik untuk memperbaiki kualitas tidur di antaranya yaitu produk olahan susu.

Susu merupakan sumber triptofan yang sangat baik, selain kandungan magnesium dan vitamin B yang membantu meningkatkan aktivitas dan ketersediaan triptofan.

BACA JUGA: Terungkap, Ini Posisi Tidur Paling Buruk Menurut Kesehatan

Menu kacang-kacangan juga mengandung semua nutrisi yang penting guna meningkatkan produksi melatonin dan mendukung pelepasannya. Begitu pula ikan sarden yang jika dimakan teratur akan membantu tidur lelap karena memuat triptofan, vitamin B, dan magnesium.

Makanan lain termasuk tahu, paneer (sejenis keju mentah), kedelai, daging, dan pisang, juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut sebelum Anda terserang gangguan tidur. []

 

SUMBER: REPUBLIKA | INVERSE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.