Unik, Informatif , Inspiratif

Makanan-makanan Ini Harus Dihindari untuk Penderita Maag

0

Agar kondisi maag yang cukup mengganggu tersebut tidak kambuh dan membuat kita semua terkena dampaknya, kita disarankan untuk menjaga apa yang masuk ke dalam mulut.

Selama Lebaran, sebisa mungkin untuk menghindari makanan di bawah ini agar tidak lambung dan mengganggu momen Idulfitri yang berharga.

1. Makanan bersantan

Makanan yang bersantan akan banyak dihidangkan saat Lebaran tiba. Aneka olahan daging seperti rendang dan opor ayam akan banyak mengisi meja untuk disantap bersama-sama dengan kerabat.

Makanan yang bersantan memiliki kandungan lemak jenuh dan trans yang cukup tinggi. Lemak ini adalah jenis yang susah dicerna oleh tubuh dan begitu sampai di lambung akan membuat asam jadi meningkat.

Batasi konsumsi makanan yang bersantan atau yang digoreng dengan motode deep fried agar lambung tidak bergejolak. Kalau sampai lambung mengalami gangguan, Anda sendiri yang akan repot.

2. Makanan terlalu pedas

Makanan yang terlalu pedas juga banyak bermunculan saat Lebaran. Aneka hidangan untuk teman nasi seperti rendang dan masakan lain akan membuat siapa saja ketagihan dan ingin menghabiskannya.

Kalai Anda tidak memiliki gangguan maag, makanan jenis itu tidak akan membuat masalah pada lambung. Namun, bila lambung sudah mengalami gangguan dan sempat memiliki GERD, makanan yang terlalu pedas bisa dengan mudah muncul dan membuat lambung jadi bergejolak.

Sebelum menyantap makanan, coba tanya dahulu apakah makanan tersebut pedas atau tidak. Jika pedas lebih baik makan dalam porsi sedikit atau dihindari.

3. Makanan terlalu asam

Senada dengan makanan yang terlalu pedas, makanan yang asam juga bisa membuat Anda mengalami gangguan maag. Anda yang sering mengalami kenaikan asam lambung bisa langsung mendapatkan nyeri pada lambung sehingga momen Lebaran yang berharga bisa saja terganggu.

Hindari atau batasi makanan yang terlalu asam seperti aneka olahan rujak buah, minuman dengan bahan dasar jeruk atau lemon, dan aneka sambal dengan bahan mangga muda yang dikenal sangat asam.

4. Makanan dari gula olahan

Seseorang yang sudah memiliki kecenderungan penyakit maag biasanya memiliki lambung yang sensitif. Lambung akan mudah sekali mengalami luka dan iritasi akibat makanan yang masuk dari mulut.

Salah satu makanan yang bisa membuat Anda mengalami gangguan lambung adalah kue kering, roti, dan aneka produk olahan gula dan karbohidrat lainnya. Makanan jenis itu bisa menyebabkan gangguan pada lambung sehingga konsumsinya wajib dibatasi.

Anda tidak masalah kalau ingin makan kue kering atau aneka hidangan manis lain. Namun, pastikan untuk tidak menyantap semua. Hanya makan hidangan yang sebelumnya dicoba.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.