Foto: The News Guard

Makin Lama Bercermin Bakal Makin Cemas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa hal terkait cermin. Lama waktu seseorang bercermin dapat berpengaruh pada psikologi seseorang.

Penelitian tersebut mmenunjukkan relawan yang bercermin selama 10 menit, secara bertahap bisa membuat lebih cemas dan tertekan atas penampilannya. Meskipun awalnya terasa senang saat bercermin.

BACA JUGA: Kenapa Wajah Kita di Cermin Beda dengan yang Ada di Foto?

Para ilmuwan mengakui bahwa bercermin yang berkepanjangan bisa merugikan seseorang pada kondisi tertentu karena bisa menyebabkan gangguan dismorfik tubuh (Body Dysmorphic Disorder/BDD) yang mana seseorang secara permanen merasa khawatir tentang penampilan atau bentuk tubuhnya.

“Menatap cermin bisa memicu peningkatan stres yang biasa terjadi pada pasien BDD. Tapi menariknya, peserta yang sehat bisa mengalami respons yang mirip dengan pasien BDD,” ujar peneliti yang dilaporkan dalam jurnal Behaviour Research and Therapy, seperti dikutip dari Dailymail.

BACA JUGA: Jodoh Kita Cerminan Kita

Beberapa penelitian menunjukkan sekitar 8 dari 10 perempuan tidak puas saat bercermin, bahkan studi terbaru menemukan cermin bisa memicu kecemasan dan stres pada pasien BDD, meski sebenarnya terlihat normal.[]

SUMBER: WTIMES | DAILYTIMES


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *