dr zakir naik bicara poligami
Foto: dnaindia.com

Makna Kata Jihad Sesungguhnya Menurut Zakir Naik

INSPIRADATA. Dr Zakir Naik mengatakan, ada satu kata dalam Islam yang sering disalahartikan, baik oleh pemeluk Islam sendiri atau oleh nonmuslim. Kata tersebut adalah kata jihad.

“Kata jihad banyak disalahpahami tak hanya oleh orang Muslim, tetapi juga non-Muslim,” ujarnya saat menjadi pembicara pada public lecture di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (3/4/2017).

Menurut Zakir Naik, jihad bukan berarti perang. Melainkan kata yang berasal dari kata jahada, yang berarti berusaha dan berjuang bersungguh-sungguh untuk memperbaiki masyarakat.

Jihad juga berarti berusaha bersungguh-sungguh untuk menjadi menjadi Muslim yang baik.

“Makna utama jihad adalah bersungguh-sungguh dan berusaha. Karenanya bukan hanya muslim saja yang berjihad tetapi juga orang diluar Islam juga melakukan jihad jika mereka bersungguh-sungguh dalam suatu bidang,” katanya.

Dr. Zakir Naik menjelaskan, Al-qur’an telah mengajarkan umat Islam untuk berbuat baik, termasuk pada orang tua. Tetapi, kalau ada yang mengajarkan berbuat tidak baik maka itu adalah jihad fisabil syaiton.

Namun, jihad yang dilakukan untuk kebaikan namanya jihad fisabilillah.

“Kata jihad di terjemahkan oleh orientalis sebagai holiwar atau perang. Tetapi, perang suci ini digunakan pertama kali oleh orang Nasrani pada Perang Salib,” demikian Zakir seperti dilansir dari Republika. []

 


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *