foto: ketahui.com

Maksud Rasulullah Yang Bertangan Panjanglah… ke Isteri-Isterinya

isteri
isteri (foto: ketahui.com)

INSPIRADATA. Dalam suatu riwayat Aisyah RA pernah berkisah, bahwa suatu waktu setelah wafatnya Rasulullah SAW, para isteri Rasul berkumupul di salah satu rumah diantara mereka.

Kemudian, para istri nabi tersebut menempelkan tangan mereka ke tembok untuk mengukur tangan siapa yang paling panjang. Aktivitas ini selalu dilakukan sampai meninggalnya salah satu istri Rasul Zainab binti Jahsy.

Apa Sebab hal tersebut sering dilakukan istri-istri Rasul? Ternyata, suatu waktu Rasulullah pernah bersabda sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim,

“Bahwa yang paling cepat menyusul diriku dari kalian (Istri-istri Rasul) adalah yang paling panjang tangannya.” Tetapi, yang tercepat menyusul kewafatan Rasul adalah Zainab binti Jahsy. Sementara Zainab bukan ynag terpanjang bila dibandingkan dengan yang lain.

Lalu, mengapa Zainab? Menurut Siti Aisyah, karena Zainab bekerja dengan tangannya sendiri dan selalu bersedekah. Bahkan pada suatu riwayat dari ath-Thabrani dalam Al-Ausath menjelaskan bahwa Zainab Radhiyallahu anhu merajut pakaian yang kemudian diberikan kepada pasukan perang, yang langsung digunakan.

Akhirnya, para isteri Rasul pun mengetahui maksud Nabi SAW mengenal apa yang disebutnya “Panjang Tangan,” yakni yang suka bersedekah. Dan Zainab-lah yang dimaksud hadits tersebut.

Wallahua’lam


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *