Unik, Informatif , Inspiratif

Maksud Tulisan ‘Quartz’ di Jam Tangan

0

KINI jam tangan sudah menjadi aksesoris yang jadi prioritas untuk dimiliki. Jam tangan bahkan sudah menjadi simbol diri yang menunjukkan karakter pemiliknya. Bahkan bagi sebagian kolektor, jam merupakan karya manusia yang unik dan bernilai seni. Tentu saja harganya pun sangat mahal.

Dari sekian banyak jenis jam, mungkin Anda sering melihat tulisan ‘Quartz’ di bodi jam tersebut. Tahukah Anda apa maksud quartz?

Jam tangan quartz adalah jam tangan yang mekanisme pengaturan waktunya menggunakan kristal kuarsa/quartz. Kristal quartz dipakai karena saat dialiri listrik dari baterai, kristal ini akan bergetar dalam frekuensi yang relatif stabil yaitu 32768 getaran per detik.

BACA JUGA: Lulus Ujian Coret-coret, Giliran Jam Belajar Sukanya Ngaret

Getaran dari kristal quartz tersebut kemudian “diterjemahkan” oleh satu sirkuit yang menghitung getaran tadi dan kemudian menghasilkan impuls listrik teratur sekali per detik. Dari impuls listrik itu kemudian menggerakan motor listrik kecil pada jam tangan analog maupun LCD display pada jam tangan digital.

Mengapa dinamakan Quartz? Kata tersebut berasal dari sebuah nama mineral kristal, silikon dioksida, yang ditemukan berlimpah dalam kerak bumi dan merupakan komponen utama dari pasir disebut kuarsa (bahasa Indonesia).

Pada jenis quartz digital, sangat memungkinkan ditambahkan aplikasi yang lebih mutakhir seperti kompas, altimeter, barometer, depth meter, mp3. Bahkan yang paling terbaru sekaligus alat komunikasi (wrist phone/smartwatch) sehingga pada beberapa jenis jam seperti Casio G-Shock fitur-fitur ini disematkan pada satu jam tangan yang dikendalikan dengan beberapa tombol.

Jam tangan quartz mempunyai berbagai macam kelebihan, di antaranya lebih akurat (rata-rata ± 15 detik/bulan, pada beberapa jenis movement quartz dapat lebih akurat), pengerjaannya lebih murah, lebih tahan guncangan, dan lebih tahan perubahan suhu.

BACA JUGA: Pastikan Jam Tangan Awet, Coba Cara Perawatan Ini

Secara di atas kertas memang jam tangan quartz lebih unggul dalam banyak hal dibanding jam tangan mekanikal, namun untuk beberapa orang jam tangan quartz terasa kurang “bernyawa, dan bila dibandingkan dengan jam tangan mekanikal mungkin jam tangan quartz dianggap kurang “artistik”.

Untuk secara praktikal terutama bagi mereka yang sering mengenakan satu jam tangan dalam hampir seluruh keseharian mereka jam tangan biasa yang baterainya akan habis mungkin lebih merepotkan dibandingkan jam tangan automatik, namun saat ini juga telah ada varian quartz yang mengisi tenaga dengan cahaya maupun dengan bandul layaknya jam automatic. []

SUMBER: JAM TANGAN

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.