tahun baru, Malam Pergantian Tahun Baru, Ini Sederet Fakta dan Mitosnya (1)
Unik, Informatif , Inspiratif

Malam Pergantian Tahun Baru, Ini Sederet Fakta dan Mitosnya (1)

0

MALAM pergantian tahun masehi setiap 31 Desember, telah diperingati selama ribuan tahun. Tradisi umum yang dilakukan orang-orang pada momen tersebut antara lain menghadiri pesta, makan makanan khusus, membuat resolusi yang bahkan tidak dipertahankan hingga bulan Februari, dan menonton kembang api.

Bagi yang tidak suka buang-buang waktu, lebih baik melakukan hal produktif di malam tahun baru. Perubahan tak harus selalu di mulai bersama pergantian tahun. Kendati merayakan pergantian tahun menjadi budaya mainstream di masyarakat dunia, itu bukan lah sebuah kewajiban untuk ikut merayakannya.

BACA JUGA: Di Malam Tahun Baru, Banyak Orang Begadang Tanpa Hajat

Nyatanya, masing-masing kebudayaan punya cara yang berbeda-beda dalam menyikapi malam tahun baru. Dan, tentu saja pemaknaan terhadap pergantian tahun pun beragam. Jadi, sebelum ikut-ikutan ‘melestarikan’ budaya perayaan tahun baru, ada baiknya cari tahu dulu fakta sejarah, mitos, dan bagaimana perayaan tersebut dilakukan oleh berbagai bangsa. Ini bisa jadi bahan renungan untuk memutuskan apakah perayaan tahun baru itu wajib dilakukan atau hanya sebuah kesia-siaan saja.

Inilah sederet fakta tentang malam tahun baru dari berbagai belahan dunia:

Resolusi

Resolusi Tahun Baru biasanya berkisar pada menghentikan kebiasaan buruk atau memulai kebiasaan baik. Sekitar 45% orang Amerika membuat resolusi Tahun Baru, dan 25% di antaranya melanggarnya pada pertengahan Januari.

Semua orang tahu bahwa sebagian besar resolusi Tahun Baru gagal tetapi Anda mungkin benar-benar berhasil dalam tujuan Anda jika Anda menetapkan satu tujuan yang realistis dan dapat diukur dan kemudian melacak kemajuan Anda. Sebuah studi oleh Richard Wiseman dari University of Bristol yang melibatkan 3.000 orang menunjukkan bahwa 88% dari mereka yang menetapkan resolusi Tahun Baru gagal, terlepas dari kenyataan bahwa 52% dari peserta studi yakin akan sukses di awal. Alasan paling umum bagi para peserta gagal Resolusi Tahun Baru mereka adalah menetapkan tujuan yang tidak realistis (35%), sementara 33% tidak melacak kemajuan mereka dan lebih lanjut 23% melupakan semuanya bersama-sama.

Sejarah

Perayaan Tahun Baru paling awal yang diketahui berasal dari tahun 2000 SM di Mesopotamia Kuno.

Kalender Romawi

Di Roma Kuno, Tahun Baru jatuh pada tanggal 1 Maret. Kalender Romawi terdiri dari 10 bulan dan 304 hari, dan tahun baru dimulai di vernal equinox. Kalender, bagaimanapun, menjadi tidak sinkron, dan pada 46 SM, Julius Caesar menciptakan kalender Julian, yang sangat mirip dengan kalender Gregorian modern kita.

Mengorbankan Janus

Orang-orang Romawi merayakan tahun baru dengan mempersembahkan korban kepada Janus, dewa perubahan dan permulaan Romawi, dengan harapan mendapat keberuntungan untuk tahun itu. Mereka akan menghiasi rumah mereka dengan cabang pohon salam dan menghadiri pesta liar.

Dewa Bermuka Dua

Bulan Januari dinamai untuk dewa Romawi Janus. Janus memimpin pintu, awal, dan akhir, dan ia digambarkan memiliki dua wajah: satu memandang ke tahun baru, dan satu melihat ke belakang pada yang lama.

Father Time

Gambar yang paling umum dari Father Time adalah seorang lelaki berjanggut tua mengenakan jubah dengan selempang di dadanya dengan tahun sebelumnya tercetak di atasnya. Sebagai personifikasi waktu, ia membawa sabit dan, biasanya, jam pasir. Gambar itu dikatakan berasal dari beberapa sumber, termasuk Raja Holly (Dewa Celtic tahun yang sekarat) dan Chronos, dewa waktu Yunani.

Tahun Baru Bayi

Gambar bayi Tahun Baru berasal dari tradisi Yunani kuno yang dimulai sekitar 600 SM; untuk menghormati Dionysus, dewa kesuburan, orang-orang Yunani akan menggendong bayi dalam keranjang.

Mitos

Mitos menyatakan bahwa pada tengah malam pada Malam Tahun Baru, semua pintu ke rumah harus dibuka untuk membantu tahun lama menemukan jalan keluar. Sampai tahun yang lama berlalu, tahun baru tidak akan bisa masuk.

Tebalkan Kantong Anda

Beberapa orang percaya takhayul lama yang mengatakan seseorang tidak boleh mengenakan pakaian dengan kantong kosong pada Malam Tahun Baru, karena itu bisa menjadi pertanda pendapatan rendah atau tidak ada di tahun yang akan datang. mitos serupa menyatakan bahwa Anda harus memastikan lemari Anda penuh, atau itu akan menjadi tahun “bangkrut”.

Jam pergantian tahun

Negara pertama yang merayakan Tahun Baru adalah negara-negara yang terletak tepat di sebelah barat Garis Tanggal Internasional. Negara-negara kepulauan Samoa, Tonga, dan Kiribati berdering di tahun baru 14 jam penuh sebelum Inggris.

Popping Cork

Menikmati segelas sampanye adalah tradisi Tahun Baru yang umum. Awalnya dipopulerkan di pengadilan Louis XIV, asosiasi dengan kekayaan dan royalti mengalir ke kelas menengah sebagai bentuk “minum aspirasional.” Seiring waktu, sampanye menjadi terikat dengan acara perayaan, dan pada abad ke-19, surat kabar mulai mengaitkan sampanye dengan pertemuan keluarga, liburan. Pada abad ke-20, sampanye menjadi suatu keharusan bagi Malam Tahun Baru, dan sekarang menjadi pokok perayaan Tahun Baru di berbagai belahan dunia.

BACA JUGA: Jelang Tahun Baru, Galapagos Keluarkan Larangan Nyalakan Kembang Api

Anggur di Tengah Malam

Di Spanyol, makan buah anggur di tengah malam adalah tradisi dan takhayul. Pada tengah malam, orang Spanyol makan 12 buah anggur melambangkan 12 bulan keberuntungan di depan. Di beberapa daerah, anggur juga dipercaya bisa mengusir penyihir dan kejahatan umum.

Tradisi Selatan

Di Amerika Selatan ada tradisi makan kacang polong dan sayuran hijau di Tahun Baru untuk keberuntungan. Kacang polong hitam membawa keberuntungan, dan sayuran menandakan uang dan memastikan tahun baru yang makmur. Tradisi ini awalnya Afrika, tetapi menyebar melalui Selatan, terutama Carolina, dan sekarang dapat ditemukan di menu restoran di seluruh Selatan dekat dengan Malam Tahun Baru.

Membunyikan Lonceng

Di Jepang, kuil-kuil Buddha di seluruh negara membunyikan lonceng mereka 108 kali pada tengah malam untuk melambangkan dan menyingkirkan 108 jenis kelemahan manusia. []

SUMBER: FACTINATE

 

 

 

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.