Unik, Informatif , Inspiratif

Malam Pergantian Tahun Baru, Ini Sederet Fakta dan Mitosnya (3-Habis)

0

Nyatanya, masing-masing kebudayaan punya cara yang berbeda-beda dalam menyikapi malam tahun baru. Dan, tentu saja pemaknaan terhadap pergantian tahun pun beragam. Jadi, sebelum ikut-ikutan ‘melestarikan’ budaya perayaan tahun baru, ada baiknya cari tahu dulu fakta sejarah, mitos, dan bagaimana perayaan tersebut dilakukan oleh berbagai bangsa. Ini bisa jadi bahan renungan untuk memutuskan apakah perayaan tahun baru itu wajib dilakukan atau hanya sebuah kesia-siaan saja. 

BACA JUGA: Malam Semarak Perayaan Tahun Baru di Purwakarta Dibatalkan

Inilah sederet fakta tentang malam tahun baru dari berbagai belahan dunia:

Menyalakan Langit

Pada tahun 2014, Dubai menerangi langit dengan tampilan kembang api Tahun Baru yang besar. Extravaganza ini menampilkan lebih dari 400.000 kembang api yang menembakkan lebih dari 400 bagian garis pantai Dubai. Layar mendapat Guinness World Record untuk pertunjukan kembang api terbesar yang pernah ada.

Pita Petasan

Di Suriname, pertunjukan kembang api tradisional ditingkatkan dengan pita-pita petasan yang panjang, merah, yang dikenal sebagai pagaras . Pita-pita itu diikat menjadi satu dalam rentetan panjang bahan peledak yang mengalir di pusat ibu kota, Paramaribo.

First-Footing

“Hogmanay” adalah kata Skotlandia untuk hari terakhir tahun ini. Adat istiadat bervariasi di seluruh Skotlandia, tetapi adat istiadat yang paling luas disebut “pijakan pertama,” yang dimulai segera setelah tengah malam. Tradisi melibatkan menjadi orang pertama yang melewati ambang batas teman atau tetangga, dan pemberian hadiah simbolik membawa keberuntungan bagi penghuni rumah. Secara tradisional, pria jangkung, berambut hitam lebih disukai menjadi kaki pertama.

Smash a Plate

Di Denmark, adalah tradisi untuk menghancurkan piring di depan pintu rumah teman Anda di tengah malam. Menemukan tumpukan besar pecahan porselen di depan pintu Anda dianggap beruntung, karena itu berarti Anda memiliki banyak teman setia.

Menuju Pantai

Pantai Brasil adalah tempat di Malam Tahun Baru, khususnya Pantai Copacabana Rio. Pantai-pantai tersebut populer sebagian karena dapat menampung jutaan orang yang bersuka ria, dan sebagian lagi karena merupakan tempat ritual Iemanja dilakukan. Iemanja adalah Dewi Laut, dan pada Malam Tahun Baru, bunga putih, perhiasan, beras, parfum, dan hadiah lainnya dibuang ke laut sebagai persembahan, dan jika persembahan Anda kembali, itu berarti dewi tidak senang dan tidak akan mengabulkan keinginan Anda.

Malam pemanggilan arwah

Di Meksiko, Malam Tahun Baru dianggap sebagai waktu terbaik untuk menyampaikan pesan kepada orang yang dicintai yang hilang. Di Taos Inn di New Mexico, orang dapat membayar $ 15 untuk sesi spiritualisme dan meditasi selama 15 menit.

Lempar koin

Di Rumania, melemparkan koin ke sungai pada Malam Tahun Baru dikatakan membawa keberuntungan.

Bicara dengan Hewan

Orang-orang Belgia memberikan salam Tahun Baru kepada keluarga dan teman-teman: mereka juga menyapa hewan peliharaan dan ternak. Mereka percaya bahwa berbicara dengan hewan membawa kesehatan dan keberuntungan di tahun mendatang. Tradisi serupa ada di Rumania, di mana para petani mencoba mendengar hewan mereka berbicara pada Tahun Baru.

Rayakan di pemakaman

Liburan sering kali merupakan waktu untuk mengunjungi kerabat, tetapi di Chili, beberapa orang merayakan Tahun Baru di pemakaman dalam upaya untuk memasukkan semua anggota keluarga, bahkan mereka yang meninggal, dalam perayaan tersebut.

Ciuman Tengah Malam

Tradisi mencium seseorang di tengah malam kemungkinan besar berakar pada cerita rakyat Jerman dan Inggris. Kepercayaannya adalah bahwa orang pertama yang Anda temui pada awal tahun baru menentukan nasib Anda di tahun mendatang. Seiring waktu, orang-orang memutuskan untuk bersikap proaktif tentang hal itu, memastikan mereka mencium seseorang yang mereka kenal dan sukai di awal tahun.

Waktu Perjalanan Mungkin

Percaya atau tidak, sebenarnya Malam Tahun Baru bisa dirayakan dua kali berturut-turut. Ini bisa terjadi di beberapa wilayah. Pulau-pulau Samoa Amerika dan Samoa terpisah 100 mil, keduanya terpisah 24 jam, tetapi berkat Garis Tanggal Internasional, dengan melakukan perjalanan dari Samoa ke Samoa Amerika, dimungkinkan untuk memutar ulang jam dan merayakan dua kali.

Lompatan Kedua

Pada Malam Tahun Baru 2016, beberapa bagian dunia mengalami detik ekstra tepat sebelum tengah malam. “Lompatan kedua” ditambahkan untuk menjaga rotasi planet sejalan dengan jam atom. Sejak 1972, 26 lompatan detik telah diperkenalkan, tetapi hanya orang yang bekerja dengan sistem komputer yang biasanya terpengaruh oleh detik tambahan tersebut.

BACA JUGA: Jelang Tahun Baru, Galapagos Keluarkan Larangan Nyalakan Kembang Api

Tinggalkan Mobil di Rumah

Menurut statistik, lebih banyak mobil dicuri pada Malam Tahun Baru daripada malam lainnya di tahun itu.

Shanghai Stampede

Pada Malam Tahun Baru 2014, tragedi menimpa ketika 36 orang terbunuh dalam bentrokan manusia yang terjadi di Bund, daerah tepi sungai di Shanghai, Cina. Beberapa saksi menyatakan bahwa penyerbuan dimulai ketika kupon menyerupai uang dolar dilemparkan ke kerumunan, tetapi polisi membantah bahwa ini adalah penyebabnya. Alasan yang lebih mungkin untuk penyerbuan itu tampaknya adalah orang-orang yang bergegas untuk mencoba naik ke platform yang menghadap ke sungai. Apa pun penyebabnya, pihak berwenang Tiongkok sebagian besar disalahkan karena gagal memberikan kendali massa yang memadai. []

SUMBER: FACTINATE

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.