malaikat datangi orang sakit
Foto: Health - NBC News

Malingering, Kepura-puraan Sakit, Yuk Kenali Apa Itu?

Banyak respon masyarakat yang diungkapkan dengan meme soal Setya Novanto yang disebut-sebut berpura-pura sakit, padahal Setnov memang benar mendapatkan musibah kecelakaan mobil sehingga harus dirawat. Dunia kesehatan dan psikologi menyebut kepura-puraan tersebut sebagai Malingering.

Ketua DPR RI dirawat di RS Medika Permata Hijau Jakarta. Masyarakat di Indonesia justru menganggapnya hanya berpura-pura sakit untuk menghindar dari panggilan KPK. Berbagai meme pun bermunculan terkait dengan kondisinya sekarang.

Pakar psikologi Melissa Grace, M.Psi menyebut orang yang berpura-pura sakit atau bahkan dengan sengaja mengkondisikan tubuhnya dalam kondisi sakit dan melakukannya berulang-ulang kali terkena gangguan mental bernama Malingering.

Seperti dilansir Doktersehat, di luar negeri, hal ini kerap terjadi pada mereka yang ingin mencairkan asuransinya. Selain itu, ada pula orang yang sengaja berpura-pura sakit demi lari dari tanggung-jawabnya. Sebenarnya, apa saja sih ciri-ciri orang yang terkena Malingering ini?

Terkait dengan hukum

Malingering yang terkait dengan hukum ternyata cukup wajar terjadi. Biasanya, mereka akan berpura-pura sakit karena tidak ingin terkena kasus tertentu yang bisa saja menyeret namanya.

Terjadi kesenjangan antara hasil pemeriksaan dengan keluhan

Biasanya, mereka dengan kondisi Malingering ini akan mengeluhkan kondisi sakit yang berlebihan. Padahal, dokter hanya mendapati kondisi kesehatannya biasa-biasa saja atau tidak perlu dikhawatirkan.

Pasien kurang bekerja sama dengan dokter

Mereka yang memiliki kondisi Malingering cenderung susah bekerja sama dengan dokter saat menjalani pemeriksaan medis. Banyak hal atau permintaan yang ditolak padahal sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara pasti.

Terkait dengan gangguan kepribadian anti sosial

Mereka dengan kondisi Malingering ternyata cenderung mengalami gangguan kepribadian anti sosial. Yang menarik adalah, orang-orang ini cenderung kurang menghargai norma hukum atau norma sosial yang berlaku di masyarakat. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *