Malu Sebagian dari Iman

Malu Sebagian dari Iman

maluINSPIRADATA. Malu adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Terlebih jika ia seorang Muslim. Sifat ini memiliki banyak keutamaan saat dimiliki oleh seseorang. Mengapa?

1. Hakikat sifat malu
Al Imam An Nawawi menjelaskan bahwa para ulama berkata,

“Hakikat sifat malu itu ialah suatu budi pekerti yang menyebabkan seorang itu meninggalkan apa-apa yang buruk dan menyebabkan ia tidak lengah untuk menunaikan haknya seorang yang mempunyai hak.”

Beliau melanjutkan,

“Kami meriwayatkan dari Abul Qasim al Junaid rahimahullah, beliau berkata,

‘Malu ialah perpaduan antara melihat berbagai macam kenikmatan atau karunia dan melihat adanya kelengahan, lalu tumbuhlah di antara kedua macam sifat yang di atas tadi suatu keadaan yang dinamakan sifat malu’.” (Riyadhus Shalihin)

2. Sifat Malu pada Rasulullah SAW
Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

كَانَ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أشَدَّ حَيَاءً مِنَ العَذْرَاءِ في خِدْرِهَا ، فَإذَا رَأَى شَيْئاً يَكْرَهُهُ عَرَفْنَاهُ في وَجْهِه

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam itu lebih pemalu daripada seorang gadis pingitan. Jikalau beliau shallallahu ‘alaihi wasallam melihat sesuatu yang tidak disenangi, maka kita dapat melihat itu tampak di wajahnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Gadis dalam pingitan adalah gadis yang sangat pemalu, ini karena dia belum pernah menikah dan tidak pernah bergaul dengan lelaki. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lebih pemalu dari gadis pingitan seperti ini. Apabila melihat sesuatu yang tidak beliau senangi, beliau tidak reaktif, akan tetapi ketidaksukaan beliau hanya nampak dengan perubahan pada wajah beliau. []

Sumber: Shirotholmustaqim


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *