diabetes
Foto: News

Mandi Air Panas Bisa Menurunkan Risiko Diabetes, Benarkah?

Pemandian air panas kerap kali menjadi destinasi favorit. Sebab, pemandian air panas sendiri mendatangkan keuntungan untuk kesehatan, seperti stres, melancarkan peredaran darah dan menyehatkan jantung.

Para peneliti pun percaya, dengan mandi atau berendam di air panas dapat meningkatkan fungsi darah dan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli mulai menggali lebih jauh terkait hal itu.

BACA JUGA: Sering Minum Air Dingin Sebabkan Diabetes?

Apakah benar berendam air panas bisa menurunkan risiko diabetes?

Sebenarnya, penelitian sebelumnya sudah melapor bahwa orang dengan diabetes tipe 2 mengalami peningkatan sensitivitas insulin saat mandi air panas. Tubuh yang lebih sensitif terhadap insulin artinya gula darah dapat dikendalikan dengan baik.

Pasalnya, hormon insulin inilah yang bertugas untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan kata lain, manfaat berendam air panas baik bagi pasien diabetes.

Tapi sayangnya, belum jelas bagaimana prosesnya. Adanya pengaruh air panas dan kadar gula darah terhadap respon peradangan dalam tubuh hanya menjadi dugaan Peneliti.

BACA JUGA: Makanan Ini Harus Dihindari oleh Penderita Diabetes

Akhirnya, para peneliti menyimpulkan bahwa berendam air panas mungkin bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh mengolah gula (supaya kadarnya tidak kelebihan dalam darah) pada pria yang kurang gerak dan kelebihan berat badan.

Meski begitu, berendam air panas ini bukan menjadi pengobatan utama diabetes ataupun menggantikan olahraga. Sebab, Anda tetap harus ke dokter agar gula darah bisa dikendalikan. []

HELLO SEHAT


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *