, Mandi Malam Dosa? Simak Penjelasannya!
Unik, Informatif , Inspiratif

Mandi Malam Dosa? Simak Penjelasannya!

0

Tidak masalah bagi seorang muslim untuk mandi di malam hari, baik itu mandi yang sifatnya ritual (mandi wajib) atau mandi biasa. Atau, seseorang justru wajib melakukan mandi wajib (di malam hari) jika dia berada dalam keadaan junub (setelah melakukan hubungan intim) dan hendak melakukan salat. Kami tidak mengetahui adanya dalil bahwa mandi malam menurut islam adalah dosa, apalagi dosa besar jika dilakukan.

Imam An-Nawawi Rahimahullah (dari mazhab Syafii) mengatakan di dalam kitabnya Al-Majmu’:

“Disukai bagi jemaah haji untuk melakukan mandi wajib ketika dia sedang berada di Muzdalifah setelah tengah malam untuk kemudian nanti berdiri di Al-Mash’ar Al-Haram dan juga untuk menanti Idul Adha.”

Al-Adawi Rahimahullah (dari mazhab Maliki) berkata:

“Lebih baik (bagi seseorang yang hendak melakukan puasa di keesokan hari) untuk melakukan mandi wajib di malam hari.”

Maksudnya, hal itu lebih baik bagi seseorang untuk melakukan mandi wajib di malam hari daripada dia harus melakukan mandi wajib setelah subuh, sehingga ketika waktu subuh datang, dia sudah tidak dalam keadaan junub.

Akhirnya, perlu dicatat juga bahwa seorang Muslim tidak boleh mengatakan sesuatu yang halal atau haram tanpa disertai dalil, karena ini adalah perkara yang serius. Allah berfirman:

“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta ”Ini halal dan ini haram,” untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tidak akan beruntung,” (QS An-Nahl 116).

Wallahu’alam bish shawwab. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.