rukun mandi wajib
Foto: majalah bali

Mandi Pagi? Ini 5 Manfaatnya

Udara pagi hari yang sejuk ditambah dengan mandi pagi hari membuat tubuh jadi lebih segar. Dengan kondisi tubuh demikian, kita pun akan tambah bersemangat dalam mengawali hari dengan beragam aktivitas.

Mandi pagi merupakan aktivitas yang alangkah baiknya dilakukan oleh setiap orang agar dapat memperoleh tubuh yang sehat. Hal ini mungkin sudah terbiasa dilakukan sebagian orang, tetapi tidak sedikit juga mereka yang masih meninggalkan rutinitas mandi pada pagi hari dengan berbagai alasan.

Selain menyegarkan, mandi pagi juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mandi pagi bagi tubuh yang dirangkum dari berbagai media:

1. Menjaga kulit tetap segar dan lembap

Mandi pagi ini mirip dengan proses detoksifikasi, yaitu bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit. Karbondioksida yang terkandung dalam air pagi hari membuat kelembaban kulit terjaga dan kulit pun tetap segar.

2. Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh Anda

Mandi air dingin dipagi hari akan merangsang tubuh anda untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Sel darah putih inilah yang berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

3. Terhindar dari penyakit Rheumatik

Mandi pada malam hari seringkali dapat mengakibatkan penyakit rheumatik. Namun, mandi pagi justru dapat membuat Anda terhindar dari penyakit rheumatik karena air pagi memiliki kandungan karbondioksida yang berbeda daripada pada saat malam hari.

4. Meningkatkan kesuburan

Pemicu produksi hormon testoteron/hormon pria dan estrogen/hormon wanita salah satunya adalah dengan mandi pagi. Produksi hormon yang baik dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita.

5. Mengatasi flu

Ketika flu kita akan sering bersin dan hidung terasa sumbat. Banyak orang yang mandi menggunakan air hangat ketika flu menyerangnya. Akan tetapi lebih disarankan mandi menggunakan air dingin. Karena air dingin dapat mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbat. Kecuali apabila penderita flu sampai menggigil dan demam, boleh pakai air hangat (jangan terlampau panas).  []

Sumber: Satu Media


Artikel Terkait :

About Fauzan Ahmad Lukman

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *