Unik, Informatif , Inspiratif

Manfaat Babywearing, Apa Saja Itu?

0

Di zaman sekarang ini, salah satu tren yang mulai dihindari oleh seorang ibu muda adalah pemakaian stroller untuk anaknya.

Meskipun memang memakai stroller terlihat praktis dan terhindar dari dari lelah, namun hal itu mulai ditinggalkan oleh sang ibu.

Para ibu muda sekarang ini lebih memilih menggendong bayinya dengan cara babywearing dan tidak menggunakan stroller. Menggendong dengan cara babywearing ini yaitu menggendong dengan menggunakan gendongan (carrier) atau sehelai kain panjang yg kuat untuk menggendong (sling) untuk membuat anak merasa lebih dekat dengan penggendongnya.

Selain bisa menjadi lebih dekat dengan penggendongnya, ada pun manfaat lain dari babywearing ini, seperti yang dilansir dari Vemale.com .

1. Babywearing akan membuat ibu lebih nyaman
Berbeda dengan stroller, babywearing justru membuat ibu merasa lebih nyaman. Karena sang ibu bisa lebih leluasa bergerak tanpa harus meninggalkan anaknya dan si ibu masih bisa mengawasi anaknya walaupun sedang bekerja.

2. Dengan babywearing, bayi lebih sehat
Dengan menggunakan babywearing pun, bayi akan lebih sehat, bukan hanya untuk bayi yang lahirnya normal. Ada satu penelitian yang menyebutkan jika babywearing dapat membantu bayi prematur bisa tumbuh dengan baik. Rasa nyaman yang diterima saat babywearing akan membuat bayi tumbuh dengan sehat.

3. Membuat bayi lebih mengenal orang tuanya
Dengan babywearing, anak akan merasa dekat dengan orang-orang yang menggendongnya, dan juga bisa mengenali suaranya. Bayi pun akan mengenali ekspresi wajah, gerakan dan detak jantungnya. Hal ini akan memupuk kedekatan antara bayi dan orang tua ataupun orang yang menggendongnya.

4. Babywearing akan membuat ibu lebih percaya diri
Dengan menggunakan babywearing, ibu bisa lebih peka dengan keinginan dan gerakan bayinya. Sehingga hal ini dapat membuat ibu lebih merasa percaya diri. Babywearing pun dapat membantu meningkatkan kedekatan emosional ibu dan bayi. Babywearing juga dapat dimanfaatkan sebagai terapi bagi ibu yang mengalami postpartum depression, agar dapat menyatu dengan bayinya.

5. Bayi jadi tidak mudah menangis
Penelitian yang diterbitkan oleh Journal Pediatrics, menyebutkan jika bayi yang digendong selama 3 jam lebih jarang menangis 43% dibanding yang tidak digendong sama sekali. Babywearing terbukti membuat bayi lebih nyaman. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.