Unik, Informatif , Inspiratif

Manfaat Daging Kelapa yang Luar Biasa

0

Selain airnya, manfaat daging kelapa juga tak kalah penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Dan berikut manfaat mengonsumsi daging kelapa:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat daging kelapa yang pertama adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Hal itu dikarenakan di dalam dagingnya terdapat minyak kelapa yang dapat meningkatkan kolesterol high density lipoprotein (kolesterol baik) dan mengurangi kolesterol low density lipoprotein (kolesterol jahat), suatu kondisi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat daging kelapa muda ternyata juga bisa membantu Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Sebuah studi menunjukkan bahwa daging kelapa bisa meningkatkan perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, di mana semua hal tersebut mendukung penurunan berat badan.

Namun, perlu diketahui karena penelitian ini baru dilakukan pada minyak kelapa, jadi tidak jelas apakah mengonsumsi daging kelapa memiliki efek yang sama.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daging kelapa kaya akan serat di mana hal ini membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran dan mendukung fungsi usus. Selain kaya akan serat, daging buahnya juga mengandung tinggi lemak, sehingga membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu, kandungan minyak kelapa di dalam dagingnya juga memperkuat bakteri usus untuk melindungi dari peradangan dan sindrom metabolik. Bahkan, minyak kelapa juga dapat mengurangi pertumbuhan ragi berbahaya, seperti Candida albicans yang dapat menyebabkan infeksi serius.

4. Menstabilkan Gula Darah

Jika kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal itu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kadar gula darah terlalu tinggi jika melebihi 200 mg/dL. Salah cara alami yang bisa dilakukan untuk menstabilkan gula darah adalah mendapatkan manfaat daging kelapa.

Daging kelapa muda dapat menurunkan gula darah dan mengubah bakteri usus untuk membantu mengontrol gula darah.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daging kelapa berikutnya didapatkan dari mangan dan antioksidan yang ada di dalamnya. Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Kandungan minyak kelapa yang ada di dagingnya memiliki sifat antivirus, antijamur, dan penekan tumor.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan minyak kelapa yang ada di dalam dagingnya dapat membantu seseorang yang memiliki gangguan memori atau fungsi otak seperti Alzheimer. Jika kadar kolesterol, dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi, dan kadar gula yang tidak terkontrol, hal itu terkait dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan manfaat daging kelapa.

7. Mencegah Infeksi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Food Science menunjukkan bahwa asam lemak dalam kelapa mengandung mengandung antioksidan kuat yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi peradangan sistemik dalam tubuh. Penelitian itu menemukan bahwa antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

8. Mengurangi Kerusakan Sel

Sel dapat mengalami kerusakan atau kematian oleh beberapa faktor. Faktor-faktor penyebab kerusakan sel dapat berupa faktor intrinsik dan ekstrinsik. Agar hal ini tidak terjadinya, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat daging kelapa muda.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan metabolisme, dan penuaan—dengan menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

9. Membuat Awet Muda

Radikal bebas tidak hanya menyebabkan kerusakan di dalam tubuh, tetapi juga bisa berdampak buruk pada kulit dan rambut. Mengonsumsi daging buah kelapa dapat mendukung antioxidant enzyme SOD, yang membantu melawan efek penuaan dengan memberikan sejumlah manfaat bagi kulit dan rambut.

Selain itu, karena sifat antibakteri dan antijamurnya, manfaat daging kelapa dapat membantu mengatasi masalah dermatologis seperti alergi kulit dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan dermatitis atau rambut menipis.

10. Memperlambat Pertumbuhan Kanker Lambung

Manfaat daging kelapa yang terakhir dipercaya dapat memperlambat pertubuhan kanker lambung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, daging kelapa mengandung mangan, senyawa kimia yang merupakan bagian dari antioxidant SOD (superoxide dismutase).

SOD dan antioksidan lain dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang diketahui menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Itulah manfaat daging kelapa yang luar biasa hebatnya.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.