Unik, Informatif , Inspiratif

Manfaat Kopi buat Otak Bukan dari Kafeinnya

0 55

Hasil dari studi klinis yang dilakukan oleh Dr. Weaver dan tim penelitinya yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Frontiers in Neuroscience, menunjukkan bahwa manfaat kopi pada otak bukanlah karena kandungan kafeinnya.

Yang menjadi manfaatnya adalah karena adanya komponen yang dilepaskan pada saat proses pembuatan kopi.

BACA JUGA: Riset: Kopi Bisa Hambat Alzheimer dan Parkinson

Sebab, efek dari kopi yang mengandung dan tidak mengandung kafein dinilai cukup serupa dari hasil uji eksperimental yang dilakukan.

Fenilindanes

Seiring dengan berjalannya studi tersebut, para peneliti mulai mempelajari serangkaian senyawa yang disebut fenilindanes, yang terbentuk pada saat proses pembuatan kopi, dan memberikan rasa pahit pada kopi.

Menurut hasil dari penelitian tersebut, senyawa fenilindanes mampu menghambat protein toksik yang dapat menumpuk dan kemudian menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu ditemukan juga bahwa waktu pembuatan kopi pun turut berpengaruh, di mana waktu membuat kopi yang lebih lama dikaitkan dengan jumlah fenilindanes yang lebih tinggi. Ke depannya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan investigasi yang lebih detail untuk mengetahui peran fenilindanes serta efek yang dapat timbul pada tubuh.

Langkah selanjutnya adalah mempelajari apa saja dampak lain dari fenilindanes, apakah komponen tersebut dapat masuk ke aliran darah atau melewati sawar darah ke otak, dan sebagainya.

BACA JUGA: Studi: Supaya Gak Pahit, Coba Bubuhkan Garam pada Kopi Anda

Jadi, memang sudah terbukti bahwa minum kopi ternyata bermanfaat dalam mencegah penurunan fungsi kognitif otak.

Tapi ingat, kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa gula atau krim. Bagi Anda yang memiliki keluhan asam lambung, konsultasikan dengan dokter bila ingin ikut mengonsumsi kopi. []

SUMBER: KLIKDOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline