labu siam
labu siam (foto: milatom)

Manfaat Labu Siam Bagi Ibu Hamil

labu siam
labu siam (foto: milatom)

INSPIRADATA. Ibu hamil sangat memerlukan sekali nutrisi yang menunjang dan bergizi setiap hari, baik bagi dirinya atau pun bagi janin yang dikandungnya. Salahsatu yang direkomendasikan adalah labu siam.

Menurut pakar kesehatan, labu siam ternyata termasuk dalam sayuran yang memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yakni sekitar 1,7 gram dalam setiap 100 gram sayuran tersebut. Hal ini berarti, konsumsi labu siam bisa menyehatkan saluran pencernaan ibu hamil dan mencegah mereka terkena sembelit.

Selain itu, di dalam labu siam ternyata terdapat asupan asam folat sebanyak 93 milikilogram untuk setiap 100 gram porsi sayuran ini. Kadar asupan asam folat ini sudah memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan harian ibu hamil. Dengan memenuhi asupan asam folat, maka ibu hamil pun menurunkan resiko bayi yang terlahir dengan kondisi cacat dengan signifikan.

BACA JUGA
Belum Hamil? Jangan Lupa Konsumsi 5 Makanan Ini
Mulai 31 Maret, Ibu Hamil Harus Miliki Surat Dokter Jika Naik Kereta Api

Tak hanya itu, asam folat juga mendukung perkembangan otak anak agar menjadi lebih cerdas sekaligus menurunkan resiko bayi terkena neural tube defects atau gangguan otak.

Nutrisi lainnya yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dalam labu siam adalah adanya kandungan kalium yang bisa membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap seimbang, mendukung kinerja otot dan juga simpul saraf yang normal. Kalium juga bisa membuat sirkulasi oksigen menuju otak dan jantung tetap lancar sehingga kita pun bisa tetap bugar dan sehat.

Dengan rutin mengkonsumsi labu siam, ibu hamil juga akan lebih baik dalam mengatasi masalah tekanan darah tinggi, masalah kesehatan yang cukup berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, khususnya menjelang fase persalinan. []

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *