foto: The National Confectioners Association

Inilah Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

foto: The National Confectioners Association

INSPIRADATA. Coklat merupakan salah satu makanan yang paling familiar dan disukai oleh kebanyakan orang karena rasanya yang lezat.

Sejarah nama coklat berasal dari bahasa suku Aztec berasal dari nama xocoatl yang artinya minuman pahit. Kemudian, coklat dibawa ke Spanyol dan masyarakat di sana memberinya campuran gula sehingga rasanya sangat enak.

Seiring perkembangannya, saat ini coklat tidak hanya dijadikan sebagai minuman, tetapi juga makanan, bahkan dijadikan alat lulur kecantikan. Hingga saat ini, banyak produk berbahan coklat yang dijual di pasaran. Maka wajar, coklat menjadi salah satu produk makanan yang paling disukai oleh masyarakat.

Manfaat Makan Coklat Bagi Kesehatan

Jika Anda menyukai coklat, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan beberapa manfaat coklat bagi kesehatan seperti berikut ini:

– Meningkatkan sirkulasi darah

Coklat mengandung senyawa flavonoid yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah berperan untuk melebarkan pembuluh darah di dalam otak. Sehingga dengan mengkonsumsi coklat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah.

– Mencegah penyakit jantung

Coklat mengandung senyawa kimia yang juga dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Apalagi jika Anda mengkonsumsi dark chocolate, maka bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai coklat akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

– Menurunkan kolesterol

Manfaat makan coklat lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau lemak jahat. Sebaliknya, coklat justru dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau lemak baik dalam tubuh.

– Obat anti depresi

Pilihan yang tepat ketika seseorang merasa stres atau depresi adalah dengan mengkonsumsi cokelat. Ya, karena coklat memiliki kandungan senyawa serotonin yang berperan sebagai anti depresan alami.

– Obat hipertensi

Coklat juga merupakan obat alami untuk menurunkan tekanan darah, bagi anda yang memiliki keluhan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid inilah yang berperan sebagai antioksidan yang bersifat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

– Menghambat penuaan dini

Dengan mengkonsumsi coklat, Anda juga bisa membantu diri Anda untuk membantu menghambat penuaan dini. Seperti mengurangi kerutan di wajah, dengan kandungan antioksidan alaminya. []

sumber: Disehat.com


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *