Unik, Informatif , Inspiratif

Manfaat Minum Yogurt yang Jarang Diketahui

0

YOGURT lebih dikenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Namun, manfaat minum yogurt ternyata tidak hanya untuk masalah pencernaan. Yogurt juga memiliki manfaat lain yaitu untuk kesehatan gigi.

Fakta ini telah dibuktikan oleh jurnal-jurnal penelitian. Penelitian yang dilakukan di Jepang melibatkan partisipan yang mengkonsumsi yogurt sebanyak 90 gr setiap hari selama 6 minggu.

Dari hasil penelitian tersebut, yogurt ternyata dapat mengurangi bau mulut, dengan cara menurunkan tingkat zat hidrogen sulfida yang merupakan sumber bau nafas tak sedap.

BACA JUGA: Yogurt, Probiotik dan Kesehatan Kita

Selain itu, akumulasi plak partisipan dalam penelitian ini lebih rendah dibandingkan dengan subyek yang tidak mengkonsumsi yogurt, sehingga mengurangi potensi gigi berlubang dan penyakit gusi.

Namun manfaat minum yogurt bisa dirasakan jika yogurt yang dikonsumsi adalah yang tanpa gula (sugarless yoghurt). Selain itu, partisipan juga menjaga pola makan mereka secara ketat serta disiplin dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Penelitian lainnya terhadap yogurt sebagai makanan untuk kesehatan mulut dilakukan oleh para ilmuwan Amerika Serikat.

Agar Anda tahu lebih jauh tentang manfaat yogurt, berikut manfaat positif yang dimiliki yogurt untuk kesehatan, selain untuk gigi:

Menghilangkan Depresi

Yoghurt dapat bermanfaat untuk mengatasi stress atau depresi. Hal ini dibuktikan berdasarkan laporan ilmiah dari judul “Proceeding of the National Academy of Sciences.”

BACA JUGA: Selain Bergizi, Yogurt Pun Bisa Jadi Bahan Bakar Pesawat Jet

Selain itu, didukung oleh tim peneliti yang berasal dari Irlandia, yang menunjukan bahwa probiotik sangat efektif dan baik, sehingga berpotensi untuk mengubah kimia otak dan mengurangi kecemasan dan gangguan terkait depresi.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kalium dalam yogurt memiliki jumlah sekitar 600 mg per 8 ons, ini dapat membantu mengeluarkan sodium berlebih dari tubuh Anda. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa di antara orang dewasa yang mangonsumsi paling banyak susu rendah yakni dua porsi atau lebih salam sehari, beresiko 54% lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak lebih sedikit. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.