Unik, Informatif , Inspiratif

Manfaat Shalat Gerhana

0

Ketika terjadi gerhana bulan atau matahari, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana. Fenomena gerhana, baik matahari maupun bulan merupakan salah satu bukti kekuasaan Allah SWT. Namun tahukah Anda apa saja manfaat shalat gerhana?

Mengamati peristiwa gerhana juga bisa meningkatkan keimanan termasuk dalam menjalankan shalat sunnahnya.

BACA JUGA: Ketika Anak Bertanya Kenapa Harus Shalat

Manfaat shalat gerhana adalah mengingat kebesaran Allah, bukan karena sebab kematian seseorang atau lahirnya seseorang tetapi karena sudah ketetapan Allah.

“Sesungguhnya matahari dan bulan tidak mengalami gerhana disebabkan karena matinya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka dirikanlah shalat dan berdoalah hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian,” (HR. Al-Bukhari no. 1040).

Seorang mahasiswa Tehnik Sipil FT UNS 2010 memaparkan hikmah shalat gerhana dikutip dari nurulhuda.uns.ac.id.

Harus kita tahu, saat terjadi gerhana, gaya gravitasi besar akan terjadi antara bumi, bulan dan matahari.

Fenomena gerhana ternyata memungkinkan terjadinya gempa bumi, karena gaya tarik menarik yang mengakibatkan pergeseran tanah.

BACA JUGA: Ini Keajaiban Shalat

Selain itu, gerhana juga memungkinan terjadinya gunung berapi meletus. Karena gaya tarik menarik dapat memicu aktifitas magma yang berada di perut bumi.

Itulah mengapa kita diperintahkan untuk melakukan shalat gerhana. Karena dalam shalat kita akan berdoa, berdzikir, bertahmid, rukuk, sujud, dan bersyukur.

Karena hanya kepada Allah SWT kita meminta pertolongan, sebab Dia-lah, yang memiliki kuasa atas alam semesta ini. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.