Mansoor-Anis (foto: Mvslim)

Mansoor Anis, Pemecah Rekor Pilot Termuda di Dunia

Menerbangkan pesawat merupakan hal yang susah dan butuh waktu lama untuk mempelajarinya. Namun, hal tersebut tak begitu berlaku bagi seorang remaja asal Sharjah, Uni Emirat Arab (UAE) ini.

Ialah Mansoor Anis, penerbang pesawat (pilot) termuda berusia 13 tahun. Pilot muda itu terinspirasi oleh pamannya dan selalu bermimpi menjadi pilot untuk Emirates atau Etihad Airlines.

Pamannya merupakan seorang pilot di sebuah perusahaan penerbangan swasta berbasis India.

Pertama-tama, Mansoor diajarkan cara mengendarai pesawat dengan menggunakan simulator, yang kemudian memicu minatnya untuk mengudara secara langsung.

Saat itulah dia memutuskan untuk menjadi pilot dan mulai mempelajari ilmu di baliknya. Saat usianya beranjak 13 tahun, dia benar-benar mengikuti pelatihan yang tepat dengan pesawat terbang.

Ia mengatakan, menerbangkan pesawat sangat berbeda dengan menggunakan simulator. Kita hanya bisa membayangkan saja seperti apa rasanya.

Dia pindah bersama ibunya ke Kanada untuk berlatih di AAA Aviation Flight Academy, kota Langley. Pihak akademi tadinya ragu untuk menerima Mansoor karena usianya yang masih belia. Tapi setelah melihat kemampuan Mansoor, mereka langsung menerimanya.

Penerbangan solo pertamanya berlangsung setelah berlatih selama 25 jam, memecahkan rekor dunia sebelumnya selama 25 jam.

Dia mengatakan, penerbangan solo pertamanya tidak mudah dan bagian tersulit baginya adalah mendaratkan pesawat.

“Saya sangat gugup dengan pendaratan. Ini sangat sulit. Butuh waktu lama untuk belajar bagaimana mendarat dengan benar,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Khaleej News.

Keluarga dan teman-temannya sangat bangga kepada Mansoor, terutama ayahnya.

Putranya adalah pilot termuda yang mengendarai penerbangan solo dan telah memecahkan banyak catatan. Mereka mengatakan bahwa langit adalah batas tapi tidak untuk anaknya tersebut.

Mansoor tak terbendung oleh apapun dan itulah yang sering diutarakannya kepada anak-anak lain seusianya. Dan Janganlah terbendung oleh apapun, untuk mewujudkan cita-cita dan asa Anda. []

Sumber: Khaleej News | Mvslim


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *