manusia tidur ruhnya melayang
Foto: OregonLive.com

Manusia Bisa Lihat Hantu? Adakah Penjelasan Ilmiahnya?

Foto: OregonLive.com

Keberadaan hantu atau makhluk halus diyakini hampir semua orang di dunia ini. Meski ada yang menyebutnya takhayul, keberadaan hantu diteliti oleh Vic Tandy Coventry University Inggris. Dari hasil penelitiannya dia menjelaskan, sebenarnya alasan orang melihat hantu atau penampakan dari dunia lain adalah berasal dari ‘infrasonik’.

Infrasonikm adalah frekuensi suara yang sangat rendah (20Hz) yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia, tapi sering kali bisa dirasakan.

Dikutip brilio.net, yang dilansir Uniland, frekuensi infrasonik ini juga dapat dihasilkan dari keadaan lain, seperti gempa bumi, bom nuklir dan bahkan dari seekor burung merpati. Frekuesni infrasonik ini tertangkap manusia dengan frekuensi tertentu. Hal ini bisa menyebabkan mata bergetar, maka akan mendistorsi pandangan seseorang. Itu sebabnya mereka bisa melihat hantu atau wujud seram dan yang lainnya, yang sebenarnya dibangun oleh pikirannya sendiri.

Dari penelitian ini juga dijelaskan bahwa infrasonik ini dapat memiliki efek lain. Misal menyebabkan orang merasa tidak nyaman dan seolah-olah ada seseorang atau sesuatu yang lain di dalam ruangan, sehingga menimbulkan rasa takut yang mendalam. Efek yang berlebih membuat bisa seseorang merasa mual dan gelisah.

Vic Tandy menyakini temuannya ini setelah bekerja di sebuah laboratorium, yang dianggap angker. Tandy pun kemudian merasa cemas dan seperti melihat gumpalan abu-abu keluar dari sudut-sudut ruangan. Namun ketika dirinya berbalik menghadap gumpalan tadi, semuanya sudah menghilang.

Semula dia mengira gumpalan abu-abu tadi adalahroh jahat. Dia menyelidiki rasa penasarannya tersebut dan jawabannya adalah gumpalan tersebut berasal dari alat ekstraktor yang mengeluarkan infrasonik dengan frekuensi 18,98 Hz, sangat dekat dengan frekuensi resonansi mata. Sehingga dirinya percaya bahwa ini adalah apa yang menyebabkan dirinya melihat ‘hantu’.

Tentu saja ini hanya sebuah teori mengapa orang melihat hantu dan kita tidak bisa membuktikan bahwa itu adalah arwah yang gentayangan. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *