repllika Alquran (foto: Muslim Village)

Manuskrip Qur’an Tertua di Universitas Birmingham Tarik Minat Pengunjung

Replika salah satu manuskrip mushaf Al Quran tertua menarik banyak minat pengunjung di Pameran Buku Internasional Sharjah (SIBF).

Manuskrip berusia 13,5 abad tersebut dipamerkan di Universitas Birmingham Inggris. Karya tersebut merupakan salinan asli yang telah berkarbonisasi dengan 468-645 AD.

Manuskrip yang telah dimiliki Universitas sejak 1930 an itu kemudian diberi tanggal karbon dan ditemukan paling tidak berusia di atas 1.350 tahun. Dan ditemukan pula fakta bahwa manuskrip itu ditulis pada kulit binatang, yang menyebabkannya dapat berumur sangat panjang.

Skrip Hijazi di halaman juga terkait dengan periode ini, yang berarti bahwa tulisan tangan sesuai dengan kronologinya.

Dan yang menarik adalah, diperkirakan empat halaman skrip yang dimiliki Universitas Birmingham sesuai dengan empat halaman yang hilang dari naskah Quran langka yang diarsipkan di Paris. Namun, karena belum dilakukan penanggalan karbon, hal tersebutlah yang menjadikannya simpang siur.

Di stand Quran, yang berada di Aula 5, ada juga layar sentuh interaktif yang memungkinkan pengunjung menjelajahi latar belakang, detil dan fakta mengenai manuskrip tersebut.

Skrip Quran Universitas Birmingham itu dipamerkan selama 11 hari, hingga 11 November. Edisi ketiga buku terbesar ketiga di dunia ini menyaksikan partisipasi 1.650 rumah penerbitan dari 60 negara. Lebih dari 1,5 juta judul dipajang di acara tersebut. []

Gulfnews


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *