Foto: Udemy

Marah Jangan Lebih Dari 3 Hari?

Foto: Udemy

INSPIRADATA. Amarah adalah bagian dari psikologi manusia yang tidak bisa terpisahkan, maka normal saja manusia marah kepada sesamanya. Tetapi dalam islam marah sangat tidak dianjurkan, sehingga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pun telah banyak mengingatkan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga amarah. Demikian disitat dari Okezone pada Minggu (30/4/2017).

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda tentang larangan mendiamkan sesama muslim karena bertengkar. Dari Abî Ayûb al-Anshâriy, sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak halal seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga malam di mana keduanya bertemu lalu yang ini berpaling dan yang itu berpaling. Yang terbaik di antara keduanya ialah orang yang memulai mengucapkan salam,” (HR. Muslim. 2560).

Sabda tersebut mengingatkan kita akan pentingnya tali silaturahmi dan menjaganya dengan saling mengucapkan salam terhadap sesama muslim.

“Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaklah dia merobahnya dengan tangannya, apabila dia tidak mampu merobah dengan tangannya maka dengan lisannya, dan apabila tidak mampu merobah dengan lisannya maka dengan hatinya, dan yang demikian itu adalah selemah-lemahnya keimanan,” (Hadits riwayat Muslim, no. 49 ).

Marah adalah perbuatan setan, sehingga jangan sampai kita tergoda untuk bermusuhan dan saling membenci satu sama lain. Sebagaimana firman Allah Ta’ala

“Kalau kamu berbuat baik, sebetulnya kamu berbuat baik untuk dirimu. Dan jika kamu berbuat buruk, berarti kamu telah berbuat buruk atas dirimu pula,” (QS. al-Isra’/17: 7). []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *