Foto: AFP

Masinis Berkelahi, Kereta di Kairo Tabrak Pagar Tewaskan 25 Orang

Insiden kecelakaan kereta api yang menabrak pagar pembatas di stasiun di Kairo, Mesir, disebabkan oleh human error.

Jaksa Agung Mesir Nabil Sadek mengatakan, hasil penyelidikan menunjukkan bahwa kecelakaan yang menewaskan hingga 25 orang itu dipicu oleh perkelahian antara dua orang petugas.

BACA JUGA: China Sensor Ketat Medsos soal Kereta Kim Jong-un

Dalam pernyataannya, Sadek mengatakan, masinis yang bertanggung jawab mengendalikan kereta telah meninggalkannya tanpa memasang rem.

“Masinis itu berkelahi dengan petugas lain yang menghalangi jalannya menuju lokomotif yang dikemudikannya, sehingga tidak sempat mengambil tindakan pengereman,” kata dia, dikutip Al Arabiya.

Sebelumnya diberitakan, insiden kereta api menabrak pagar pembatas peron di Stasiun Ramsees, Kairo, pada Rabu (26/2/2019).

Setelah menabrak pagar, terjadi ledakan dan diikuti dengan kebakaran. Sebanyak 25 orang dilaporkan tewas sementara puluhan lainnya luka-luka.

“Saya berdiri di peron dan melihat kereta yang mengarah ke pagar pembatas. Semua orang mulai berlari, tapi banyak yang meninggal setelah lokomotif meledak,” ujar Mina Ghaly, salah seorang saksi, dikutip BBC dari Reuters.

Rekaman video menunjukkan bagaimana api kebakaran menghanguskan kereta dan peron yang berada di dekatnya. Sementara, orang-orang tampak bergegas membantu para korban.

Belasan ambulans dan truk pemadam kebakaran segera dikirim ke lokasi kejadian setelah mendapat laporan kejadian.

Sistem perkeretaapian di Mesir memiliki catatan keselamatan yang buruk karena kurangnya investasi oleh pemerintah dan manajemen yang buruk.

BACA JUGA: Aksi Heroik Masinis yang Rela Kehilangan Kakinya Demi Selamatkan Nyawa Seorang Wanita

Pada Agustus 2017, 43 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka ketika dua kereta penumpang bertabrakan di pinggiran kota pelabuhan Mediterania di Alexandria.

Kecelakaan kereta paling mematikan di Mesir terjadi di dekat Kairo pada 2002. Saat itu, kebakaran melanda kereta penumpang yang penuh sesak, menewaskan lebih dari 370 orang. []

SUMBER: AL ARABIYA | KOMPAS


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Dahsyat, Kentut Pria Ini Bisa Bunuh Nyamuk dari Jarak 6 Meter

radius kentut Joe bisa lebih besar daripada bom atom yang menghancurkan Hiroshima pada 1945.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *