Unik, Informatif , Inspiratif

Masuki Musim Penghujan, Pemprov DKI Kebut Proyek Normalisasi Sungai

0 31

Musim penghujan yang diprediksi akan datang pada bulan Januari 2019 mendatang membuat proyek normalisasi sungai di Jakarta, termasuk menuntaskan proyek pembangunan waduk di beberapa lokasi, terus dikebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan berbagai upaya mulai dari pengerukan sungai dan waduk, situ, embung, perbaikan turap sungai dan saluran air, juga pembangunan tanggul sungai dan saluran air serta optimalisasi pompa.

BACA JUGA: Sebuah Mortir Ditemukan di Pengepul Rongsokan di Depok

Mengenai hal ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa normalisasi sungai dilakukan dengan percepatan pembangunan waduk sebagai kolam menampung air hujan di sekitar hulu. Sehingga lanjut Anies, aliran air ke hilir, volumenya dapat terkendali.

“Kita fokus lakukan perbaikan turap dan pengerukan sungai,” ujar Anies.

Selain itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI, Teguh Hendarwan mengatakan bahwa pengerukan sungai serta waduk, dan situ dilakukan dengan mengerahkan 241 unit alat berat yang dimiliki dinasnya. “Sehingga pengerukan dapat kita lakukan secara swakelola,” ujarnya.

BACA JUGA: Kisah Pria AS Tentang Kontak dengan Suku Sentinel Sebelum Dibunuh

Pengerukan ini sudah dilakukan di Waduk Kampung Rambutan, Waduk Cimanggis, Waduk Jalan Kaja 2, Waduk Pondok Rangon, Situ Babakan, Waduk Pekayon, Waduk Babek TNI, Waduk Jagakarsa, Embung Aselih, Wadung Cilangkap Giri Kencana, dan Embung Jl. Cendrawasih.

Tidak hanya itu, Pemprov DKI juga telah melakukan perbaikan turap pada sungai atau saluran air untuk memperbaiki kondisi turap yang kurang optimal. Dengan perbaikan turap ini, aliran drainase pada sungai atau saluran menjadi lebih optimal. []

SUMBER: VIVA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline