Unik, Informatif , Inspiratif

Masya Allah, Pedagang Ini Gratiskan Hiasan Kubah Masjid Hanya dengan Doa

0
, Masya Allah, Pedagang Ini Gratiskan Hiasan Kubah Masjid Hanya dengan Doa
penjual keramik (foto: otnomi.co.id)

INSPIRADATA. Jika umumnya orang melakukan perdagangan hanya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Namun, hal itu berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Bapak yang satu ini.

Dilansir otonomi.co.id, perajin tembikar asal Jepara ini bernama Kasturi. Selain menjual keramik tradisional, seorang pria yang tinggal di Dukuh Bendowangen Jalan Makam Sombo, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah juga menjual kubah masjid.

“Mulai usaha sejak 1979, saat itu diajari bapak dan kebetulan lingkungan memang mendukung,” kata Kasturi, Sabtu (18/3/2017).

Kasturi menceritakan bahwa dulu usahanya sempat besar. Namun karena persaingan bisnis, usahanya pun bangkrut. Lalu pada 2009 silam, ia menata kembali bisnisnya ini.

“Sekarang semua saya kerjakan sama istri, kalau dulu sebelum bangkrut saya punya 20 tenaga kerja, karena tak mampu membayar ya akhirnya saya pecat,” ucap dia.

Di tempat itu, banyak pelajar dan mahasiswa jurusan seni kriya yang ingin belajar membuat tembikar darinya. Bahkan beberapa di antaranya adalah tamu luar negeri yang memang sengaja datang untuk belajar dengan Kasturi.

Hasil olahan Kasturi dari tanah liat dijual mulai Rp5 ribu sampai Rp2 juta, tergantung jenis dan kerumitan proses pembuatannya. Kasturi memberi contoh satu set alat minum teh dengan dua gelas dan satu teko serta nampan harganya Rp50 ribu. Namun ada yang unik dari usahanya tersebut.

Biasanya kubah masjid bisa dijual seharga puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah, tentu hal tersebut menjadi kesempatan baik bagi bisnisnya.

Tetapi ternyata Kasturi tidak mengambil kesempatan tersebut, ia justru memberikan karya kubah masjid buatannya secara cuma-cuma dengan satu syarat.

“Kalau buat mustaka masjid gratis, cuma doakan saya saja. Ada yang pernah mencari buat mustaka di sini sudah tidak terhitung terutama dari Kudus, Pati, Demak, bahkan Pekalongan juga ada. Saya kasih gratis sezmuanya, syaratnya cuma doakan saya saja,” tuturnya.

Wah, sungguh mulia niat perajin keramik ini ya Sob. Semoga doa-doa yang dipanjatkan pembelinya untuknya bisa diijabah oleh Allah SWT. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.