Unik, Informatif , Inspiratif

MasyaAllah, Masjid Kuno Ini Masih Kokoh Meski Diguncang Gempa Lombok

0

Beberapa waktu lalu, Tanah Air diguncang duka dengan adanya rangkaian gempa bumi di Kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

BACA JUGA: Sebuah Masjid di Cina Batal Dihancurkan Usai Diadang Ratusan Orang

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terbaru menjelaskan, hingga Sabtu 12 Agustus 2018, tercatat 392 orang meninggal dunia akibat gempabumi 7 SR di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali.

Masjid Kuno

Di balik tragedi alam itu, ada masjid yang tetap berdiri kokoh di Lombok. Masjid ini merupakan masjid kuno yang diperkirakan telah berdiri selama 300 tahun terakhir.

Seperti dilansir laman merdeka.com, masjid ini adalah Masjid Bayan Beleq. Ini merupakan masjid yang berada di Kampung Adat Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masjid yang berjarak 80 km dari ibu kota NTB itu, sama sekali tidak mengalami kerusakan yang berarti. Hanya bagian pagar yang terlihat berserakan.

Masjid Bayan Beleq sendiri memiliki pondasi yang terbuat dari susunan batu. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, atapnya berasal dari bambu dan ditutupi ijuk. Masjid ini berdiri kokoh di atas gundukan sebuah bukit kecil di Kampun Adat Bayan.

Selain masjid Bayan Beleq yang tetap berdiri kokoh, rumah warga di sekitar masjid juga tetap berdiri kokoh meski telah diguncang gempa berkekuatan dahsyat.

Raden Kertamaji, penjaga rumah adat setempat mengatakan, “Alhamdulillah tidak ada yang rusak. Ini pagar temboknya sedang dibersihkan.”

BACA JUGA: Lombok, Pulau Seribu Masjid

Dari beberapa laporan yang ada, Kampung Bayan adalah kampung yang menjadi gerbang masuknya Islam di tanah Lombok. Di Bayan inilah agama Islam mulai diperkenalkan. Sementara masjid Bayan Beleq, banyak yang mengatakan bahwa masjid ini adalah masjid pertama yang didirikan di tanah Lombok. []

SUMBER: MERDEKA | LIPUTAN6


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.