Unik, Informatif , Inspiratif

Mau Fit Seharian? Hindari Lima Jenis Makanan Ini Saat Sarapan

0

Di pagi hari saat masuk waktu sarapan, orang cenderung memilih makanan yang dapat menjaga energi, tapi juga tidak menimbulkan efek kegemukan badan.

BACA JUGA: Ini Tujuh Makanan Penghilang Lemak Hati

Pentingnya sarapan bagi tubuh seseorang dikarenakan sarapan dapat memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian hingga 15-30 persen. Tidak mengherankan jika jenis asupan makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Nah, berikut ini seperti yang dilansir dari hellosehat.com ada beberapa jenis makanan ada yang sebaiknya dihindari saat sarapan agar tetap fit seharian.

1. Sosis, bacon, ham dan nugget

Sosis dan nugget memang merupakan jenis makanan yang biasa digunakan untuk sarapan karena cukup praktis.

Akan tetapi daging hasil pemrosesan ternyata merupakan tipe daging yang berbahaya bagi kesehatan.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Harvard mengungkapkan bahwa setiap 50 gram daging olahan yang dimakan akan meningkatkan risiko menderita penyakit jantung sebanyak 42 persen.

Jika hanya mengonsumsi daging olahan saja untuk sarapan, maka kemungkinan kamu akan mengalami kegemukan dan obesitas juga akan bertambah karena biasanya daging olahan mengandung banyak lemak jenuh.

2. Segelas jus buah tanpa makanan lain

Jus buah memang cukup segar dan baik untuk dikonsumsi, tapi tidak jika tanpa didampingi makanan lainnya. Apalagi jika jus buah yang dikonsumsi merupakan jus buah dalam kemasan yang biasanya sudah ditambah gula, pewarna, pengawet dan bahan tambahan lainnya.

3. Sereal rendah serat

Semangkuk sereal dan susu segar biasanya menjadi menu sarapan yang difavoritkan banyak orang karena penyajiannya yang mudah dan menghemat waktu. Namun kandungan gizi yang terdapat pada sereal harus menjadi perhatian.

Selain itu, jika ingin mencampur sereal dengan susu, sebaiknya gunakan susu biasa, jangan susu kental manis. Pasalnya susu kental manis sudah diberi tambahan gula yang cukup banyak.

4. Nasi uduk, bihun dan gorengan

Nah, jika diperhatikan nasi uduk sendiri merupakan sumber karbohidrat, jika ditambah dnegan bihun dan kentang, maka asupan karbohidratnya akan bertambah berkali-kali lipat. Apalagi jika ditambah gorengan yang biasanya tinggi lemak karena mengandung banyak minyak.

Maka dari itu, jika ingin mengonsumsi nasi uduk sebagai sarapan, coba kombinasikan dengan lauk pauk yang mengandung protein dan sayur buah agar asupan menjadi lebih seimbang.

5. Donat, croissant, cake, bagel dan muffin.

Donat serta produk pastry lainnya sebaiknya tidak dijadikan sebagai menu utama sarapan karena kandungannya sebagian besar hanya gula dan lemak. Seperti donat yang proses pembuatannya menggunakan gula, krim, serta digoreng dengan metode deep fried.

BACA JUGA: 3 Jenis Makanan Paling Aneh dari Thailand

Hal ini mejadikan donat tinggi akan kalori akan tetapi minim kualitas zat gizi karena hanya mengandung karbohidrat dan jenis lemak yang tidak sehat. Selain itu, kamu juga akan mudah merasa lapar sebelum waktu makan siang karena gula merupakan sumber karbohidrat yang sederhana. []

SUMBER: HALLOSEHAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.