Mau Sedekah tapi Tidak Punya Uang, Bagaimana?

Bagi seorang Muslim sedekah adalah bukti keimanan seorang hamba kepada Allah Ta’ala dan Rasulullah SAW. Namun ternyata masih banyak orang yang enggan bersedekah atau tidak mampu bersedekah karena tidak memiliki uang. Padahal sedekah bukan hanya dilakukan dengan uang atau materi lainnya. Tak perlu keluarkan satu rupiah pun, tapi Anda mendapatkan pahala sedekah. Apakah itu?

Diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih dari sahabat Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap perbuatan baik adalah sedekah.”

Berbuat baiklah dengan semua perbuatan yang disepakati kebaikannya oleh syariat. Bahkan jika tak mampu berbuat baik karena keterbatasan fisik atau cacat, masih ada peluang sedekah dengan pahala yang agung. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Ucapan yang baik adalah sedekah.” Sama dengan hadits pertama, hadits kedua ini diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih; disepakati keshahihannya oleh hampir seluruh ulama’ ahli hadits.

Jika amalan-amalan dalam dua riwayat ini masih kurang, masih banyak riwayat lain terkait sedekah tanpa mengeluarkan uang. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat muttafaq ‘alaih, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap hari ketika matahari terbit; maka mendamaikan dua orang (yang berselisih) dengan adil adalah sedekah, menolong orang lain yang berkendara hingga mengangkatnya di atas punggung kendaraan, atau mengangkatkan barang bawaannya ke atas punggungnya adalah sedekah, setiap langkah perjalananmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.”

Ternyata banyak amalan yang bisa kita lakukan selain sedekah dengan dengan materi. Semua kebaikan kepada sesama bernilai agung di sisi Allah Ta’ala. Semua kebaikan kepada umat manusia disejajarkan pahalanya dengan beribadah kepada Allah Ta’ala. []

Sumber: Kisah Hikmah


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *