Unik, Informatif , Inspiratif

Mausoleum Halicarnassus, Makam Megah yang Dibuat Seorang Istri

0 4

Makam merupakan tempat manusia dikebumikan setelah meninggal. Umumnya, makam dibuat dengan sesederhana mungkin. Namun ada makam yang dibuat karena rasa cinta pada pasangan yang telah tiada.

Mausoleum Halicarnassus, makam yang dibangun oleh Ratu Artemisia karena kecintaannya pada mendiang suaminya, Raja Mausolus. Makam raja Persia itu dibangun untuk mengenangnya.

Makam yang indah ini memiliki tinggi bangunan hingga 45 meter dan berbentuk seperti kuil khas Yunani. Dongeng-dongeng Yunani menghiasi setiap sisi makam.

BACA JUGA: Tahukah Anda Kenapa Banyak Kamboja di Pemakaman?

Sayangnya, cerita cinta antara Raja dan Ratu Persia tidak seindah bangunan makam suaminya, karena sebelum makam rampung pembangunannya, ratu Artemisia wafat setelah dua tahun kematian suaminya. Wafatnya sang ratu karena merasakan sedih yang begitu dalam akibat kehilangan suaminya.

Pemahat yang memahat relief makam pun melanjutkan pembangunan makam setelah kematian ratu untuk menghormati kematian pasangan raja dan ratu tersebut.

BACA JUGA: Inilah Makam Pembunuh Umar bin Khattab yang Mewah

Mausoleum terkenal karena keindahannya yang menakjubkan, maka tidak heran jika akhirnya raja Mausolus jadi asal istilah Mausoleum yang artinya makam yang sangat megah. Oleh karena keindahannya, bangunan makam raja Mausolus masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Kini, makam hanya bersisakan puing-puing karena runtuh akibat gempa yang terjadi pada abad ke-13, tapi kisah cinta antara raja dan ratu Persia tetap abadi jadi cerita bagi penduduk lokal yang dibagikan pada wisatawan. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline