penyebab mental miskin
Foto: pexels

Melamun dan Bermalas-Malasan Ada Manfaatnya, Benarkah?

Apakah benar melamun dan bermalas-malasan ada manfaatnya? Bukannya itu hanya akan membuat kita menjadi orang yang tidak produktif?

Kita sebenarnya tidak tahu, ternyata benar jika kita melamun dan bermalas-malasan sambil memanfaatkan waktu istirahat ternyata ada manfaatnya banyak. Selain untuk merelaksasikan otak, masih ada juga manfaat lainnya.

1. Menstabilkan kesehatan mental dan emosi
Terkadang kita pasti sering atau pernah malah tidak tenang atau tersinggung dan marah. Jika begitu, tandanya kita butuh waktu untuk bersantai sejenak. Cobalah untuk bermalas-malasan sejenak, biarkan otot-otot tubuh kita rileks dan otak beristirahat.

2. Daya kreativitas bisa meningkat dengan melamun
Seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com, Dr. Daniel J. Levitin menjelaskan bahwa otak kita punya dua fungsi utama, yaitu melakukan suatu pekerjaan dan melamun. Otak kita perlu melakukan satu fungsi dalam satu waktu, sementara kita butuh kedua fungsi tersebut untuk membuat otak tetap berfungsi dengan baik.

Saat kita melamun dan melepaskan semua beban pikiran, otak kita membuat berbagai sambungan dari informasi yang bisa dibilang acak. Kita jadi terdorong untuk menemukan solusi-solusi kreatif. Itulah kenapa kadang kita bisa menemukan solusi suatu masalah ketika kita sedang duduk melamun atau sedang bersantai.

3. Bisa kembali bekerja dengan lebih optimal
Schwartz, seorang Profesor di Georgia State University, Atlanta menuliskan sebuah penelitian tentang para pegawai Ernst and Young yang menyebutkan bahwa setiap 10 jam waktu liburan yang diambil para pegawai, evaluasi kinerja akhir tahun mereka meningkat sebanyak 8%.

Waktu liburan yang diambil akan membuat otak terasa lebih segar dan ketika akhirnya kembali kerja, bisa lebih optimal dan terasa lebih ringan.[]

Sumber : Vemale


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *