abdul rachman saleh wikipedia
abdul rachman saleh (foto: wikipedia)

Memaknai Harkitnas, Berkaca kepada Abdul Rachman Saleh Sang Pahlawan Multitalenta

INSPIRADATA. Abdul Raachman Saleh, yang selain sebagai dokter, aktivis radio, ia pun aktif sebagai tentara yang terus berkarya. 

Sebagai individu yang ingin terus berjuang, Abdul Rachman Saleh beralih ke bidang militer dan bergabung dengan Angkatan Udara (AU), di mana ia diangkat menjadi Komandan Pangkalan Udara Madiun pada tahun 1946. Di saat bersamaan, ia juga mengemban tugas sebagai dosen pada perguruan tinggi kedokteran di Klaten, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Sosok Inspiratif Abdul Rachman Saleh, Dokter Multitalenta Milik Indonesia

Sayangnya, pada salah satu penugasannya ke India di mana terjadi Agresi Militer I Belanda, tim yang bergabung bersamanya singgah ke Singapura untuk menerima bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya melalui penerbangan Dakota VT-CLA. Namun, pesawat yang ditumpanginya ditembak oleh pesawat P-40 Kitty Hawk milik Belanda hingga jatuh dan terbakar sesaat sebelum tiba di Sleman pada tanggal 29 Juli 1947.

Sejak tahun 1962, peristiwa tragis ini diperingati sebagai Hari Bakti TNI AU untuk mengenang jasa Abdulrahman Saleh sebagai pahlawan. Pada tahun 1974, ia juga mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional sebagai tanda jasanya pada negara. Nama Abdulrahman Saleh pun diabadikan sebagai nama Pangkalan TNI AU serta bandar udara di Malang.

Perjuangan Abdul Rachman Saleh untuk bangsa Indonesia sangatlah mulia. Sebagai sosok dokter pilot sekaligus pendiri RRI yang berjasa besar bagi bangsa, segala upaya beliau merupakan suatu inspirasi bagi para dokter dan masyarakat Indonesia untuk terus berkarya. []

Sumber


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *