Unik, Informatif , Inspiratif

Membuat Kopi dengan Air Zam-Zam?

0

Air zamzam banyak dikenal oleh orang. Air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam.  Lalu, apakah air zamzam ini boleh dipanaskan untuk membuat kopi?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun banyak memuji zam-zam, dan beliau menyebutnya sebagai makanan. Dalam hadis dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air ini berkah, air ini adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim 6513, Ibnu Hibban 7133 dan yang lainnya).

BACA JUGA: Hubungan Antara Asupan Air dan Tidur Malam

Nah, karena itulah ada larangan untuk kegiatan pemanfaatan air zamzam dalam bentuk yang menghinakan. Seperti untuk bersuci setelah melakukan buang air besar maupun kecil.

Al-Buhuti mengatakan, “Demikian pula, tidak boleh menggunakan zam-zam untuk membersihkan najis saja. Dalam rangka memuliakan zam-zam, dan tidak masalah jika digunakan untuk bersuci dari hadats (wudhu). (Kasyaf al-Qana’, 1/28).

Adapun masalah mengenai penggunaan zam-zam untuk dimasak, atau dibuat kopi, atau teh atau minuman hangat lainnya, hukumnya dibolehkan.

Dalam Fatwa yang disampaikan oleh Syaikh Dr. Soleh al-Fauzan, beliau ditanya tentang hukum menggunakan air zam-zam apabila dimasak dan dipakai mandi.

Beliau menjelaskan bahwa memasak air zamzam tidaklah mengapa. Sebab zam-zam adalah air yang berkah, air mubah. Bisa juga digunakan untuk untuk berwudhu. Karena air ini mensucikan.

BACA JUGA: Ini 5 Keistimewaan Air Zamzam

Sedangkan dalam fatwa Syabakah Islamiyah tidak jauh berbeda.

“Boleh mendidihkan air zam-zam dan digunakan untuk masak atau penggunaan lainnya. Yang tidak boleh adalah menghinakan zam-zam dan menggunakannya posisi kotor, seperti menghilangkan najis atau semacamnya. Sedangkan untuk diminum atau dimasak, tidak masalah. Karena zam-zam itu makanan dan obat untuk menghilangkan penyakit.” (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 67118)

SUMBER: konsultasisyariah


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.