Unik, Informatif , Inspiratif

Menabung Tujuh Tahun, Calon Jemaah Haji Ini Gagal Berangkat, Kenapa?

0

Seorang calon jemaah haji gagal berangkat karena penyakit yang dideritanya. Padahal ia sudah menabung untuk bisa berangkat ke tanah suci hingga tujuh tahun. Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit mengatakan, pemerintah daerah tak dapat memberikan solusi terhadap calon haji asal Kota Padang, Ramli Bakar, yang gagal berangkat menunaikan ibadah haji karena kesehatannya yang bermasalah.

“Calon haji atas nama Ramli Bakar telah divonis oleh dokter mengalami penyakit gagal ginjal, kalau tetap diberangkatkan maka petugas medisnya yang akan terkena sanksi,” kata Nasrul Abit di Padang, Jumat (28/7/2017), seperti dilansir Republika.

Namun, Nasrul menghargai usaha keras yang dilakukan Ramli agar bisa berangkat ke tanah suci dengan menabung hingga tujuh tahun. Namun sayang, karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan, ia tetap tak bisa diberangkatkan.

Ramli Bakar, seorang calon haji, mengalami gagal ginjal sehingga harus rutin melakukan cuci darah. Jika ia berangkat, kata dokter, akan dapat membahayakan dirinya.

Petugas kesehatan di embarkasi juga tidak ingin melanggar aturan yang telah dibuat oleh Menteri Kesehatan.

“Kalau dibiarkan tetap berangkat dan terjadi sesuatu yang fatal di tanah suci, maka yang akan terkena sanksi nantinya adalah petugas kesehatan,” kata dia.

Alasan kenapa calon haji tersebut dapat lolos saat uji kesehatan awal pun tidak diketahui Wagub. Namun, menurut info yang didapatkan sebelum melakukan tes kesehatan, ia melakukan cuci darah terlebih dahulu sehingga penyakitnya tidak terdeteksi.

“Kita berharap para calon haji dapat menjaga kesehatan, selain menabung untuk biaya keberangkatan, para calon haji juga harus menjaga kesehatan agar tidak terkendala seperti itu,” jelasnya.

Sebanyak lima calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Padang, keberangkatanya ke tanah suci diundur karena sakit, seperti diberitakan sebelumnya.

“Dari lima calon haji tersebut, satu dinyatakan batal dan empat lainnya menunggu kesehatan membaik dan dinyatakan bisa berangkat oleh tim kesehatan,” kata Kasubag Humas Kantor wilayah Kementerian Agama Sumbar, Irwan. Ramli ialah satu orang yang dibatalkan tersebut. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.