Mencengangkan, Dunia Kehilangan 2/3 hewan liar Pada Tahun 2020

hewan-punahINSPIRADATA.Dunia akan kehilangan hewan liar sebanyak 2/3 dari jumlahnya pada tahun 2020. Dilansir dari The Guardian pada hari Kamis (27/10/2016), kepunahan masal hewan liar ini terlihat dari sebuah studi analisis yang menunjukkan bahwa populasi heawan di dunia anjlok sebesar 58% sejak tahun 1970 sampai 2012, dan diperkirakan meningkat sebesar 68% pada tahun 2020.

Menurut penilitian dari WWF (World Wide Fund for Nature) dan Zoological Society of London menjelaskan bahwa, kerusakan ini terjadi akibat perusakan habitat liar, perburuan dan pencemaran lingkungan.

Hewan-hewan liar yang terancam punah itu berasal dari pegunungan, hutan, sungai, dan laut. Beberapa spesial terkenal yang terancam punah adalah gajah, gorila, burung nasar, dan salamander.

“Kekayaan dan keragaman di bumi merupakan dasar dari kehidupan yang kompleks. Kehidupan satu akan mendukung kehidupan yang lainnya, dan kita adalah salah satu dari bagian itu. Dan sekarang kita tahu bahwa dunia telah kehilangan keanekaragaman hayati dan sistem pendukung kehidupan lainnya.” Ujar Marco Lambertini direktur WWF.
Ia menambahkan, kehidupan manusia bergantung pada ketersediaan alam seperti udara yang bersih, tumbuhan, hewan, dan bagian penyokong kehidupan lainnya dari alam.

Menurut laporan ini terdapat 14.000 populasi dan 370 spesies. Ini setara dengan 64.000 spesies hewan di dunia yang digunakan para ilmuan sebagai tolak ukur kemajuan upaya konservasi.

Perlu diketahui jika, penyebab utama merosotnya angka populasi hewan liar di dunia adalah adanya penebangan liar dan pembangunan. Dataran bumi kini telah didominasi oleh manusia. Tercatat hanya 15% saja alam yang masih dilindungi. Perburuan dan eksploitasi hutan merupakan faktor utama yang menyebabkan perburuan ini. Kini, hampir 300 spesies mamalia diperkirakan telah punah akibat kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia.


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *