Foto: pojokpitu

Mengagumkan, Anak Bangsa Ciptakan Biodesel Pengganti Solar

Foto: pojokpitu

INSPIRADATA. Tiga siswa SMA Negeri 1 Mojosari yaitu Imam Ali, Riska Lestari Dewi, dan Shindia Faridhatus Sholikha. Menciptakan energi alternatif pengganti bahan bakar minyak solar, yang diberi nama biolitik (bio diesel dari limbah itik).
Mereka menuturkan bahwa bahan bakar ini tidak mudah terbakar dan sangat ramah lingkungan.

Mereka menjelaskan, tahapan yang dilakukan dalam pembuatan biolitik ini cukup panjang.

“Pertama kita harus mencari sisa potongan unggas yang tidak terpakai lagi, seperti usus, kulit dan ceker di pasar,” ujar salah satu siswa.

Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, mereka langsung memulai eksperimennya dengan merebus semua bahan selama satu sampai dua jam.

Tahap selanjutnya, para siswa menyuling minyak dari usus unggas yang sudah didinginkan, kemudian hasil sulingan minyak tersebut dicampur dengan methanol dan natrium hidroksida yang disimpan selama satu hari, hingga menjadi bahan bakar minyak biolitik.

“Setelah biolitik itu jadi, kami menguji coba biolitik terhadap mesin biodesel milik warga berupa mesin traktor,” ujar siswa.

Ketika biolitik diuji cobakan pada mesin traktor pembajak sawah, mesin tersebut bisa dinyalakan dan digunakan seperti menggunakan bahan bakar pada umumnya.

Tanggapan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mojosari

Drs. Waras, M.M.Pd selaku kepala sekolah di SMAN 1 Mojosari, berharap hasil penemuan siswanya dapat diuji oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi agar bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat, karena energi alternatif ini dianggap tidak mudah terbakar dan sangat ramah lingkungan. []

Sumber: CNNIndonesia.com


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *